ST 12, Wali dan Rossa sama-sama pop, tetapi influence dalam pop mereka berbeda,kan?"
Jakarta (ANTARA News) - Penghargaan musik mewakili tren musik yang sedang berlangsung, kata Tantowi Yahya, Ketua Umum Anugerah Musik Indonesia Awards.

Dia mengatakan, kategori dalam AMI Awards kerap bertambah atau berubah tergantung dengan kondisi musik Indonesia saat itu.

Tahun ini, kategori baru dalam AMI Awards adalah Pop Urban. Syaharani, salah satu orang yang terlibat dalam tim kategorisasi (mengelompokkan musik dalam kategori yang tepat) di AMI Awards mengatakan, musik pop Indonesia memiliki pengaruh beragam.

"ST 12, Wali dan Rossa sama-sama pop, tetapi influence dalam pop mereka berbeda,kan?" kata penyanyi jazz yang akrab dipanggil Rani.

Membuat kategori baru yang mewakili karakter musik tertentu tidaklah mudah. Diskusi alot terjadi dalam proses menentukan kategori Pop Urban, kata penyanyi jazz yang sudah dua kali bekerja sebagai tim kategorisasi.

"Dulu ada kategori Pop Kreatif, tapi ada yang ribut karena apakah yang tidak termasuk kategori itu berarti tidak kreatif? Begitu pula dengan Pop Trendi, apa yang lain berarti tidak trendi?" tuturnya.

Dia menegaskan bahwa klasifikasi musik dalam ajang yang sudah 15 kali diselenggarakan itu masih terus disempurnakan dari waktu ke waktu agar dapat mencakup semua genre musik di Indonesia.

Para pemenang dari 49 kategori beragam genre musik serta tiga kategori umum AMI Awards 2013 akan diumumkan pada 2 Juli mendatang.(*)




Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013