New York (ANTARA News) - Sebuah arloji Patek Philippe berusia 115 tahun berbentuk arloji merah muda dan emas dengan penanggalan, terjual 2,25 juta dolar dalam lelang sehari, dan mencapai harga hampir dua kali lipat dari taksiran semula, kata juru bicara rumah lelang Christie.

Arloji yang bisa dibuka bagian atasnya dan memiliki emas 18 karat hasil produksi pembuat jam terkenal di Swiss pada 1898 itu, diperkirakan bakal terjual dengan nilai 1,5 juta dolar dalam lelang hari Selasa, tetapi para kolektor dari 30 negara --yang sangat bersemangat -- membuat arloji itu naik dan terjual dengan harga 2,251,750 dolar termasuk komisi.

Christie mengatakan, pembelinya adalah seorang kolektor swasta dari Amerika.

Lelang tertinggi untuk koleksi "Jam eksklusif Christie" seluruhnya menghasilkan penjualan 7,9 juta dolar dari benda koleksi orang Amerika dan Asia.

Harga itu tidak memecahkan rekor tetapi merupakan jam termahal yang pernah dijual di kantor pusat Christie New York dan menjadi harga tertinggi untuk jam dalam lelang tahun ini.

Arloji seperti juga benda berharga lain seperti lukisan, anggur bahkan mobil, terus menanjak harganya khususnya pada pasar lelang eselon tinggi.

Christie tidak mengungkapkan penjual arloji yang dikenal hanya sebagai "Stephen S. Palmer Patek Philippe Grand Camplication no.97912", sesuai nama pemilik asli, seorang inudstriawan yang meninggal pada 1913.

November tahun lalu seorang kolektor Asia membeli Patek Philippe yang pernah dimiliki pemain gitar Eric Clapton dengan harga 3,6 juta sedangkan arloji Patek Philippe superkomplikasi lainnya terjual dengan harga di atas 11 juta dolar pada tahun 1999, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/M007/H-AK)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013