Jakarta, 14 Juni 2013 (ANTARA) - Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, mengunjungi tambang emas Gosowong milik PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) Kamis, 13 Juni 2013 di Gosowog Halmahera Utara, Prov. Maluku Utara. Maksud dari kunjungan ini adalah untuk melihat kemajuan reklamasi di area tambang Gosowong. Turut hadir dalam kunjungan ini adalah Bupati Halmahera Utara, Wakil Bupati Halmahera Utara, Direktur Jenderal Badan Usaha Kehutanan, Direktur Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial, Kepala Taman Nasional Aketajawe Lolobata beserta jajaran Kementerian Kehutanan dan Kabupaten Halmahera Utara.

     Dalam kunjungan ini Bapak Menteri bersama rombongan melihat langsung lokasi reklamasi di area tambang Gosowong yang sudah dilakukan yaitu di kolam pengendapan Gosowong, waste dump Toguraci, dan waste dump Gosowong dimana di area tersebut Bapak Menteri beserta rombongan melakukan penanaman pohon.

     Kunjungan diakhiri dengan meninjau lokasi pembibitan (nursery). Menteri Kehutanan menyampaikan bahwa beliau memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kemajuan reklamasi di PTNHM dan juga kontribusi-kontribusi lainnya dalam bidang ekonomi dan kemasyarakatan yang telah diberikan oleh PTNHM selama beroperasi. Kedepan diharapkan upaya-upaya yang baik ini terus dilanjutkan.

     PTNHM menerapkan strategi reklamasi lahan progresif yaitu melakukan reklamasi segera setelah sebidang lahan siap direklamisi, tanpa menunggu sampai tambang ditutup. Strategi ini mengharuskan operasi tambang berjalan seiring dengan pelaksanaan reklamasi. Kegiatan reklamasi merupakan bagian dari pengelolaan lingkungan PTNHM yang merupakan komponen penting dalam operasional perusahaan.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013