AsiaNet 53385

TOKYO, 13 Juni (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) --

     Duta Muhibah WHO untuk Pemberantasan Kusta yang juga Ketua Nippon Foundation Yohei Sasakawa telah melayangkan surat kepada Paus Fransiskus, dengan mengungkapkan keprihatinannya bahwa komentar Paus itu dalam pidatonya baru-baru ini bahwa "Karirisme adalah penyakit kusta" akan memperkuat diskriminasi terhadap penderita kusta dan keluarganya.

     "Di Amerika Selatan khususnya, di mana terdapat banyak umat Katolik dan masih ada cukup banyak penderita kusta, saya percaya apa yang Anda katakan akan berdampak besar," tulis Sasakawa pada 13 Juni.

     Dalam suratnya, di mana ia juga mengakui dengan rasa syukur dukungan berkelanjutan Vatikan untuk memberantas kusta dan diskriminasi terkait kusta, ia meminta bertemu dengan sang Paus sehingga ia dapat memberitahu pemimpin umat Katolik itu tentang perang melawan penyakit tersebut.

     Dalam pidato pada 6 Juni di Akademi Gerejawi Kepausan, yang melatih para calon diplomat Vatikan, Paus Fransiskus memperingatkan adanya ambisi pribadi menjelang misa di Gereja, dengan mengatakan, "Karirisme adalah kusta, penyakit kusta." Teks lengkap pidatonya ada di situs web Vatikan.

     Pada Januari 2012, Sasakawa menulis kepada produser dan distributor film animasi, "The Pirates! Band of Misfits," dengan memprotes trailer film itu di mana kusta digambarkan secara diskriminatif. Adegan tersebut kemudian diubah.

     Sumber: Nippon Foundation

     Kontak:
     Natsuko Tominaga
     Departemen Hubungan Masyarakat
     The Nippon Foundation
     Tel: +81-3-6229-5131
     E-mail: pr@ps.nippon-foundation.or.jp

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013