Dengan mengucapkan 'bismillahirrahmanirrahim' pada siang hari ini 'groundbreaking' Pakuwon Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peletakan batu pertama "groundbreaking" untuk menandai pembangunan hotel, apartemen dan pusat perbelanjaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Rabu.

Pembangunan proyek superblok apartemen, hotel dan pusat perbelanjaan tersebut dilakukan oleh PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) melalui entitas anaknya, PT Pakuwon Nusantara Abadi (PNA).

"Dengan mengucapkan 'bismillahirrahmanirrahim' pada siang hari ini 'groundbreaking' Pakuwon Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Presiden Jokowi saat meresmikan groundbreaking proyek Pakuwon Nusantara di kawasan IKN, Kalimantan Timur, seperti disaksikan dalam video dari Jakarta, Rabu.

Presiden pun mengapresiasi Pakuwon Nusantara yang sudah merancang bangunan untuk apartemen, hotel dan mal yang akan meramaikan sejumlah pembangunan infrastruktur dan fasilitas di IKN.

Pada hari yang sama, Presiden Jokowi telah meresmikan "groundbreking" pembangunan Bandara VVIP IKN dan rumah sakit.

Kementerian PUPR juga tengah membangun jalan tol akses menuju IKN yang hanya membutuhkan waktu sekitar 45-50 menit dari Balikpapan.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol yang sudah mencapai progresnya sebesar 55 persen itu memiliki lebar 3 lajur di tiap sisi jalan.

"Jalannya, jalan tolnya sangat lebar. Berapa meter Pak? Tiga line kanan, tiga line kiri. Artinya kayak Tol Jagorawi segede itu kira-kira. Akan selesai nanti kira-kira di bulan Juni 2024," kata Jokowi.

Sementara itu, Bandara VVIP IKN yang menelan anggaran sebesar Rp4,2 triliun juga diperkirakan selesai pembangunannya dan didarati oleh pesawat pada Juni 2024.

Kepala Negara meyakini selesainya pembangunan bandara dan jalan tol akan membuat investor berbondong-bondong ke IKN. Oleh karena itu, ia meminta agar para investor dalam negeri tidak ketinggalan momentum untuk menanamkan modal.

"Kalau dua ini selesai jalan tolnya rampung, airportnya selesai, saya yakin kalau yang terlambat memulai investasinya di Ibu Kota Nusantara, bapak ibu akan ketinggalan," kata Presiden.

Presiden menambahkan bahwa "groundbreaking" selanjutnya akan dilakukan untuk delapan hingga sembilan proyek di IKN yang diresmikan pada Desember.

"Bulan Desember saya diperintah untuk ke sini lagi karena akan ada 'groundbreaking' beberapa Pak kira-kira? Delapan (sampai) sembilan lagi yang baru akan memulai, dan kita berharap ini akan terus meramaikan Ibu Kota Nusantara kita," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi: RS ramah lingkungan di IKN beroperasi pada semester II 2024

Baca juga: Jokowi sebut progres jalan tol menuju IKN capai 55 persen

Baca juga: Presiden Jokowi menargetkan Bandara IKN beroperasi Desember 2024

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023