Zhuhai (ANTARA News) - Alexandra "Andra" Asmasoebrata merebut posisi tiga pada ajang "Pan Delta Super Racing Festival 2013 AFR Series" kelas Internasional di Sirkuit Internasional Zhuhai, China, Sabtu meski sebelumnya tergelincir di lap pertama.

Pebalap yang memperkuat Pertamina Racing Team (PS Racing) ini bahkan mampu mengalahkan pemegang pole position AFR seri lima yaitu Shigetomo Shimono dari Buzz Racing.

Start di urutan keempat berdasarkan hasil kualifikasi sebelumnya, pebalap wanita satu-satunya pada balapan ini sebenarnya mampu sempat menyodok barisan depan. Hanya saja, Andra tergelincir.

Saat mau kembali ke lintasan balap, putri dari mantan pebalap nasional Alex Asmasoebrata itu tertabrak pebalap yang berada di belakangnya. Namun, Andra mampu menguasai kendaraannya dan langsung melanjutkan perlombaan.

Posisi Andra langsung merosot, namun pelan tapi pasti pebalap dengan nomor start 15 terus bertahan dari gempuran pebalap lain. Dan akhirnya mampu merebut posisi ketiga dengan catatan waktu terbaik 1.46.026 dari 10 lap yang harus dijalani.

"Memang, tadi sempat ditabrak. Jadi sedikit menghambat laju mobil. Padahal kita sudah start bagus," kata Andra usai penerima piala.

Menurut dia, secara umum kendaraan yang digunakan tidak ada masalah. Hanya saja yang menjadi sedikit kendala adalah masalah ban. Kondisi ini juga dipengaruhi dengan cuaca disekitar lintasan yang sebelumnya diguyur hujan.

"Kita tadi sempat gambling apakah menggunakan ban basah atau kering. Tapi akhirnya diputuskan pakai ban medium. Tapi kami bersyukur dengan hasil ini," kata Andra menambahkan.

Perjuangan Andra untuk meraih hasil ini memang cukup berat. Pebalap andalan Indonesia untuk AFR Series ini harus bersaing dengan pebalap yang lebih senior bahkan dengan rekan satu timnya yaitu Pete Olson yang finis di urutan kedua.

Untuk posisi pertama AFR seri lima di Sirkuit Internasional Zhuhai ini direbut oleh pebalap Julio Acosta dari Champ Racing Team. Peluang juara bagi pebalap asal Kolumbia ini terlihat sejak awal karena langsung memimpin sejak lap pertama.

Sementara itu ayah Andra, Alex Asmasoebrata, mengaku pada AFR seri lima ini putrinya bermain dengan hati-hati. Apalagi sebelum lomba dimulai lintasan balap dalam keadaan basah akibat diguyur hujan.

"Dia terlalu hati-hati. Padahal posisinya sudah bagus. Tapi itulah balapan. Semuanya bisa terjadi. Kami tetap bersyukur dengan hasil balapan ini," katanya usai balapan.

Menurut dia, dengan hasil podium tiga pada seri lima diharapkan akan menjadi pemicu untuk berlomba dengan lebih baik lai pada seri enam di Sirkuit Internasional Zhuhai, Minggu (16/6).

Pada balapan ini Andra akan kembali bersaing dengan rivalnya di seri lima.
(B016/A016)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013