... salah perhitungan saat akan overlap... "
Zhuhai, China (ANTARA News) - Alexandra Andra Asmasoebrata tergelincir pada seri enam Pan Delta Super Racing Festival 2013 AFR Series kelas internasional di Sirkuit Internasional Zhuhai, China, Minggu, sehingga gagal naik podium seperti seri sebelumnya di tempat yang sama.

Wanita pembalap andalan Indonesia yang memperkuat Pertamina Racing Team (PS Racing) ini, saat tergelincir berada di posisi tiga untuk kelas internasional, atau berada di depan pebalap satu timnya yaitu Pete Olson.

Dengan kejadian tersebut, putri dari mantan pebalap nasional Alex Asmasoebrata ini hanya finis di urutan ketujuh, dan terpaut cukup jauh dengan pebalap tercepat dengan selisih waktu 00.49.159.

Pada seri enam ini, pebalap Jepang, Shiqetomo Shimoni, dari Buzz Racing yang gagal start pada seri lima di tempat yang sama, Sabtu (15/6), menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan 10 putaran yang harus dilalui.

Untuk posisi dua ditempati pemenang seri kelima yaitu Julio Acosta dari Champ Racing Team dengan selisih waktu 00.04.620 dibanding dengan pebalap yang finis di urutan pertama.

"Saya tadi sedikit salah perhitungan saat akan overlap pebalap di depan. Dia berada di tengah dan saya memutuskan menyalip dari dalam. Tapi hasilnya masalah tergelincir," kata Andra usai perlombaan.

Menurut dia, selain menyalip dari dalam, lintasan licin juga menjadi sebab. Apalagi pada beberapa waktu sebelumnya lintasan sempat diguyur hujan. Kemungkinan banyak oli yang belum dibersihkan. Meski gagal podium dirinya bersyukur masih mampu menyelesaikan perlombaan.

"Cukup disayangkan hasil ini. Dia (Andra) start cukup bagus dan langsung menyodok ke depan. Tapi kejadian ini di luar dugaan," kata ayah Andra, Alex Asmasoebrata, usai perlombaan usai.

Persaingan pada seri enam ini lebih ketat dibandingkan dengan seri sebelumnya. Shiqetomo tampil luar biasa sejak start. Pebalap asal Jepang ini terlihat dominan dan ungggul cukup jauh dengan pebalap dibelakangnya.

Andra yang merupakan wanita satu-satunya dalam balapan ini sebenarnya telah memberikan perlawanan yang sengit hingga lap 6. Hanya saja menjelang memasuki lap 7 tergelincir setelah sebelumnya saling tekan dengan Pete Olson.

"Saya sempat bareng dengan Andra tapi dia langsung keluar dari lintasan," kata rekan satu tim Andra, Pete Olsen, yang pada balapan ini raih podium tiga.

Pada balapan seri lima Pan Delta Super Racing Festival 2013 AFR Series kelas Internasional di Sirkuit Internasional Zhuhai, China, Sabtu (15/6), Andra mampu naik podium ketiga. Untuk posisi pertama diraih Julo Acosta dan posisi dua direbut rekan satu timnya Pete Olson. 

(B016/M008)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013