... tentu suatu hal yang bagus bagi Indonesia... "
Jakarta (ANTARA News) - Pada 5-7 Oktober nanti, Bali akan menjadi tuan rumah pelaksanaan KTT APEC 2013. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Pangestu, memperkirakan hadirin dan anggota delegasi yang hadir mencapai 7.000 orang.

"Itu tentu suatu hal yang bagus bagi Indonesia," kata Pangestu seusai rapat koordinasi persiapan KTT APEC 2013, di Jakarta, Jumat. Di antara kepala negara/kepala pemerintahan yang dipastikan hadir adalah Presiden Rusia, Vladimir Putin, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan Presiden China, Xi Jinping.

Ia mengatakan pertemuan para pemimpin dan delegasi negara-negara Asia-Pasifik itu akan ikut mengembangkan pariwisata dan industri kreatif di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

Sebab, selain KTT APEC 2013 di Bali pada Oktober mendatang, masih banyak pertemuan-pertemuan yang berlangsung di Indonesia, dan seluruhnya berkontribusi pada pengembangan pariwisata dan industri kreatif.

"Pertemuan APEC 2013 tidak hanya di Bali. Sepanjang tahun ini saja akan terjadi sekitar 90 pertemuan terkait APEC 2013 di seluruh Indonesia," tuturnya.

Mari mengatakan setiap pertemuan terkait APEC yang berlangsung di seluruh Indonesia pasti akan menguntungkan pariwisata dan industri kreatif, seperti hotel, transportasi, pemandu wisata, makanan, cenderamata dan seni pertunjukan.

"Semua yang terkait dengan industri kreatif pasti akan terangkat dan rata-rata adalah usaha mikro, kecil dan menengah," ujarnya.

(D018/M026)

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013