Jakarta (ANTARA News) - Terdakwa yang sedang menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Luthfi Hasan Ishaaq, disebut jaksa memiliki tiga istri.

"Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terdakwa menyatakan telah menikah dengan Sutiana Astika pada 11 Januari 1984 dan dari pernikahan tersebut telah lahir 12 orang anak," kata jaksa penuntut umum Rini Triningsih di pengadilan Tipikor Jakarta, Senin.

Luthfi menjadi terdakwa kasus pemberian hadiah dalam pengurusan kuota impor daging di Kementerian Pertanian dan tindak pidana pencucian uang.

Jaksa, saat pembacaan dakwaan Luthfi, juga menyebut terdakwa tercatat menikah dengan dua orang perempuan lain.

"Pada 9 September 2000 melakukan pernikahan kedua dengan Lusi Tiarani dan mempunyai 3 orang anak dan pada sekitar tahun 2012 terdakwa melakukan pernikahan ketiga dengan Darin Mumtazah," tambah Rini.

Sutiana dan Lusi pernah dipanggil datang ke KPK untuk diminta keterangannya, sedangkan Darin yang masih menjadi siswi SMK juga pernah dipanggil KPK tapi tidak memenuhi panggilan tersebut.

Dalam surat dakwaan, Luthfi disebutkan memberikan mobil Mitsubishi Grandis kepada Darin.

"Mobil Mitsubishi Grandis senilai Rp150 juta diserahkan ke Darin Mumtazah," kata jaksa.

Ayah Darin, Zaid yang datang ke pengadilan Tipikor mengatakan bahwa mobil tersebut adalah pinjaman Luthfi.

"Yang benar Darin sedang belajar kursus mobil dan meminta bantuan Luthfi untuk meminjam mobil dan dipakai untuk belajar menyetir," kata Zaid.

"Awalnya saya dan Luthfi ingin mendirikan restoran Arab, sejak saat itu Luthfi intens bertemu dengan Darin dan karena intens bertemu dengan ustad Lutfi tiap hari akhirnya Darin menyukai Ustadz luthfi sama sekali tidak ada paksaan," ungkap Zaid.

Meski Darin masih sekolah, Zaid mengaku hal itu bukanlah masalah.

"Pernikahan baru dicatatkan, setelah nanti Darin selesai kuliah akan diresmikan," ungkap Zaid.

Ia juga tidak mempersoalkan Luthfi yang sudah memiliki dua istri.

"Saya tahu posisi dia sudah menikah tapi tidak tahu istrinya dua, dari awal saya tidak mempersoalkan pernikahan Darin ke ustad karena dari awal tujuan kami memang bisnis," ungkap Zaid.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013