China berhasil selesaikan misi antariksa Shenzhou-10

China berhasil selesaikan misi antariksa Shenzhou-10

Roket Long March 2-F yang membawa pesawat antariksa Shenzhou-10 dengan astronot China Nie Haisheng, Zhang Xiaoguang, dan Wang Yaping, meluncur dari landasan di Jiuquan, Provinsi Gansu, China, Selasa (11/6). (REUTERS/China Daily)

Beijing (ANTARA News) - Tiga astronot China yang menjalankan misi pesawat antariksa berawak Shenzhou-10 berhasil menyelesaikan misi mereka dan mendarat dengan selamat di Bumi pada Rabu pagi, demikian menurut laman kantor berita Xinhua.

Modul Shenzhou-10 mendarat di padang rumput di bagian utara Daerah Otonomi Dalam Mongolia sekitar pukul 08.00 dan ketiga astronot yang menjalankan misi itu turun dengan kondisi fisik bagus.

Komandan kru Shenzhou, Nie Haisheng, keluar dari modul yang bentuknya seperti mangkuk diikuti satu-satunya astronot perempuan dalam misi itu, Wang Yaping, dan Zhang Xiaoguang.

Pada upacara penyambutan di area pendaratan, para astronot melambai ke arah kerumunan yang terdiri atas pejabat militer, tim penyelamat dan personel kesehatan.

"Rasanya sangat menyenangkan kembali ke rumah," kata Nie Haisheng.

"Kami adalah pemimpi dan kami sekarang telah mencapai mimpi kami," kata Zhang Xiaoguang.

"Mimpi luar angkasa kita tidak berbatas dan kerja keras kita tak akan berhenti," katanya seperti dikutip Xinhua.

Komandan Program Antariksa China, Zhang Youxia, mengatakan misi Shenzhou-10 "sepenuhnya sukses."

Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli tiba di Beijing Aerospace Control Center pada Rabu pagi dan menyaksikan siaran langsung kembalinya Shenzhou-10 dari sana.

Zhang menyampaikan ucapan selamat atas nama Komite Pusat Partai Komunis China, Dewan Negara dan Komisi Militer Pusat atas kesuksesan misi Shenzhou-10 dan Tiangong-1.


Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar