Pembicaraan kerja sama sudah dimulai, tinggal penandatangan nota kesepahaman (MoU) saja yang lakukan pada awal Juli 2013,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) akan menggandeng PT Merpati Nusantara Airlines untuk mengangkut daging sapi hasil produksi dari Kupang ke Jakarta.

"Pembicaraan kerja sama sudah dimulai, tinggal penandatangan nota kesepahaman (MoU) saja yang lakukan pada awal Juli 2013," kata Dirut RNI Ismed Hasan Putro, usai meluncurkan produk daging "Raja Daging" di Gedung RNI, Jakarta, Rabu.

Menurut Ismed, kerja sama tersebut akan saling menguntungkan kedua pihak.

RNI dapat mendistribusikan daging lebih cepat, sementara Merpati menjadikan RNI sebagai pengguna jasa penerbangannya.Adapun distribusi daging sapi ke ke Jakarta, Surabaya, Bali.

Jumlah daging sapi yang akan dikirim secara rutin akan mencapai sekitar 100 ton per bulan atau sekitar 1,2 juta ton dalam setahun.

Ismet menuturkan RNI saat ini sedang mengembangkan 3.000 ekor sapi di Kupang, NTT untuk membantu memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri.

Pengembangan sapi tersebut melibatkan masyarakat petani, koperasi, Pemda, dan rumah pemotongan hewan. Saat ini jumlah sapi yang siap dipotong mencapai 500 ekor per bulan.

"Tahap awal daging sapi yang diangkut Merpati dari NTT mencapai sekitar 1,2 juta ton per tahun, namun ke depannya kita akan targetkan bisa mencapai 2 juta ton," ujar Ismed.
(R017/C004)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013