Beijing (ANTARA News) - Seorang mantan pejabat pemerintah China yang mendadak terkenal gara-gara rekaman hubungan seksnya dengan seorang pelacur dibocorkan ke internet, dipenjara 13 tahun karena tuduhan menyuap, lapor kantor berita Xinhua.

Pengadilan Chongqing memutuskan Lei Zhengfu, mantan pejabat tinggi di distrik ini, bersalah.

Lei mendadak terkenal setelah blogger yang juga jurnalis Zhu Ruifeng menyebarkan video hubungan seksnya akhir tahun lalu, bersama dengan bukti pemerasan yang dilakukan pengembang perumahan yang merekam hubungan seks sejumlah pejabat.

Zhu menyebarkan video ini menyusul pernyataan Presiden China Xi Jinping yang menyatakan akan memberantas korupsi yang dianggapnya mengancam masa depan Partai Komunis.

Namun Zhu juga ditahan polisi serta para aktivis lainnya yang menyeru para pejabat pemerintah mengumumkan kekayaannya. Dia juga dituduh subversi.

Korupsi yang dilakukan sejumlah pejabat pemerintah tingkat rendah dibeberkan menyusul seruan Xi untuk memerangi suap, namun para analis menilai presiden tak berani mengungkap korupsi para pejabat lebih tinggi lagi yang menjadi pendukung utama Partai Komunis China.

Chongqing terguncang setahun lalu setelah kepala polisinya mengungsi ke konsulat AS usai terukapnya skandal yang membuat pejabat tinggi Partai Komonis di daerah ini, Bo Xilai, ditangkap.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013