Balai Cagar Budaya pamerkan replika kerangka Oluhuta

Gorontalo  (ANTARA News) - Balai Cagar Budaya memamerkan replika dari  kerangka yang ditemukan di Situs Oluhuta, Kabupaten Bone Bolango pada 2008.

Pameran replika dan foto-foto sisa-sisa peninggalan pra sejarah tersebut digelar dalam rangka 100 tahun Lembaga Purbakala di Mall Gorontalo pada 26-30 Juni 2013.

Peneliti Balai Arkeologi Manado, Irna Saptaningrum mengatakan replika tersebut dibuat sangat mirip dengan kerangka manusia dewasa berusia sekitar 30-40 tahun, yang ditemukan oleh arkeolog.

Kerangka merupakan yang ke-9 dari 12 kerangka yang ditemukan, sejak dilakukan penggalian pada tahun 2004 di Desa Oluhuta Kecamatan Kabila Bone.

Kerangka itu diduga adalah kelompok manusia prasejarah, bila dilihat dari sistem penguburan yakni posisi teratur dengan pola membujur dari Timur ke Barat.

Posisi kerangka tersebut memberi asumsi usianya lebih dari 2.000 tahun, saat itu penduduk setempat belum mengenal tulisan dan belum beragama.

"Kerangka-kerangka itu semua kami kubur kembali, tapi kami telah memberi tanda bahwa lokasi tempat penemuan tersebut adalah situs sejarah," ujarnya, Jumat.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar