Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 500 peserta berlari di Jalan Thamrin untuk menyumbang kepada 13.000 anak yatim dan dhuafa menjelang Ramadhan.

"Kepedulian dapat ditunjukkan dengan cara apa saja, misalnya menyumbangkan tenaga bagi yang tak mampu melalui olahraga," kata Direktur Pelaksana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Teten Kustiawan, saat konferensi pers "Run for Hope" di Jakarta, Minggu.

Para peserta berlari melintasi rute Ex-Sarinah-Bundaran Hotel Indonesia-Ex jaraknya dua kilometer. 

Setiap menyelesaikan satu putaran, setiap peserta yang memberikan infaq pendaftaran Rp75 ribu untuk mengikuti ajang itu mendapatkan satu gelang bernilai sumbangan bagi 13 anak yatim dan dhuafa.

Di antara para peserta ada yang sampai memperoleh sembilan gelang.

Teten menjelaskan, dana yang terkumpul melalui ajang itu juga akan disumbangkan untuk kegiatan buka bersama 13.000 anak yatim pada 24 Juli 2013.

Acara itu akan digelar di 13 kota, yakni Pekanbaru, Padang, Palembang, Serang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Mataram. 

Ketua Umum Baznas, Didin Hafidhuddin, mengatakan kesadaran masyarakat untuk saling berbagi sangat tinggi.

"Sehingga Baznas memberikan wadah bagi mereka untuk menyalurkan infak dan sedekah serta zakat bagi yang muslim," katanya. 

Selain lari, acara tersebut juga disemarakkan dengan pawai ondel-ondel di sepanjang Jalan Thamrin dan pameran jajanan pasar dari gerobak-gerobak pedagang tradisional. 

Baznas juga menyediakan konter zakat yang melayani konsultasi zakat, pendaftaran sebagai muzaki, memberikan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ), serta pembayaran zakat, infak dan sedekah. 

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013