Kualifikasi Piala Dunia 2026

Shayne nilai kekalahan dari Irak menjadi pembelajaran untuk timnas

Shayne nilai kekalahan dari Irak menjadi pembelajaran untuk timnas

Pemain Timnas Indonesia Shayne Pattynama (tengah) dan Ivar Jenner (kiri) mengikuti sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (18/6/2023). . ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

Jakarta (ANTARA) - Pemain tim nasional Indonesia Shayne Pattynama menilai kekalahan dari timnas Irak menjadi pembelajaran untuk tim Garuda agar tampil lebih baik lagi pada pertandingan berikutnya. 

Timnas Indonesia menyerah 1-5 dari Irak dalam pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di Stadion Internasional Basra, Irak, Kamis (16/11).

"Namun yang terpenting adalah ini merupakan momen pembelajaran yang baik untuk kami karena kami melawan salah satu tim hebat. Dan kami dapat belajar dari pengalaman ini sehingga kami dapat bermain lebih baik di laga berikutnya untuk mendapatkan hasil yang baik," kata Shayne Pattynama dalam keterangan PSSI, Jumat. Irak membuka keunggulan pada menit ke-20 melalui Bashar Resan. Berselang 15 menit, Jordi Amat melakukan gol bunuh diri yang membuat Irak unggul 2-0.

Indonesia sempat membuka asa setelah Shayne Pattynama mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-45+3. Skor 2-1 untuk Irak menutup babak pertama.

Di babak kedua, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong tersebut harus menelan pil pahit karena kebobolan tiga gol dalam rentang waktu 27 menit. Irak mencetak tambahan tiga gol melalui Osama Rashid (menit ke-61), Youssef Amyn (menit ke-81), dan Aldin El-Zubaidi (menit ke-89).

"Setelah kebobolan dua gol, lalu kondisi stadion yang penuh dengan berbagai situasi dan skor berubah menjadi 2-1, saya merasa kami masih mampu bermain baik hingga paruh pertama. Karenanya kami mencoba peluang dengan sejumlah tembakan jarak jauh," jelas Shayne.

Baca juga: Timnas Indonesia telan kekalahan telak dari Irak 1-5

Sementara itu pada pertandingan lain di Grup F, Vietnam mampu mencuri tiga poin penuh di kandang Filipina usai memetik kemenangan dengan skor 2-0.

Usai pertandingan pertama, Indonesia kini menempati dasar klasemen sementara dan Filipina yang juga menelan kekalahan berada satu tingkat lebih baik yaitu di peringkat ketiga. Sementara Irak menghuni puncak klasemen dengan keunggulan margin gol atas Vietnam.

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan terbang ke Filipina untuk menjalani laga tandang yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (21/11).

Baca juga: STY: Kami akan tampil lebih baik di laga kandang
Baca juga: Pelatih Australia akui stres dalam persiapan kontra Palestina

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar