OIKN lestarikan budaya lewat kejuaraan olahraga tradisional sumpit

OIKN lestarikan budaya lewat kejuaraan olahraga tradisional sumpit

OIKN bakal gelar Nusantara Sumpit Open 2023 pada 28 hingga 30 November 2023 di lapangan alun-alun Desa Bukit Raya,Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (ANTARA/HO-dokumen OIKN)

Penajam (ANTARA) -
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) berupaya melestarikan budaya Kalimantan melalui kejuaraan olahraga tradisional sumpit sekaligus untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Kota Nusantara, ibu kota masa depan Indonesia yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.
 
 
 
Lomba sumpit yang akan digelar, menurut Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin di Penajam, Senin, diharapkan membawa dampak positif bagi persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
 
 
Kejuaraan sumpit juga sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan pembangunan Kota Nusantara yang kini semakin padat dilakukan pemerintah pusat.
 
 
 
Masyarakat yang ingin mengikuti lomba sumpit tingkat nasional bertajuk Nusantara Sumpit Open 2023 dapat mendaftarkan diri secara cuma-cuma tanpa dipungut bayaran alias gratis.
 
 
 
Lokasi kejuaraan sumpit itu di lapangan alun-alun Desa Bukit Raya,Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara yang bakal diselenggarakan pada 28 hingga 30 November 2023.
 
 
 
Mewujudkan pembangunan dan pemindahan ibu kota negara Indonesia tidak hanya aspek fisik saja, jelas dia, pembangunan non fisik salah satunya pengembangan dan pembinaan manusia berkelanjutan melalui olahraga juga sangat penting.
 
 
 
"Pada lomba sumpit setiap peserta wajib mengajak pakaian adat masing-masing, sebagai pelestarian budaya yang ada di Pulau Kalimantan" ujarnya lagi.
 
 
 
Sehingga kejuaraan sumpit yang digelar dapat melestarikan olahraga tradisional dan mengembangkan wisata olahraga, lanjut dia, sebagai saya tarik masyarakat maupun wisatawan berkunjung ke Kota Nusantara.
 
 
 
Diharapkan Nusantara Sumpit Open 2023 diikuti oleh komunitas olahraga sumpit atau dari perwakilan atlet sumpit se-Kalimantan maupun dari luar Pulau Kalimantan.
 
 
 
Lomba yang diadakan untuk melestarikan budaya khususnya yang ada di Pulau Kalimantan, kata dia, sekaligus menjadi wadah silaturahmi dan persatuan antar sesama atlet sumpit.
 
 
 
Panitia Nusantara Sumpit Open 2023 juga telah menyiapkan total hadiah jutaan rupiah bagi pemenang kejuaraan olahraga tradisional itu, demikian Alimuddin.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar