Jakarta (ANTARA News) - Mentan Anton Apriyantono mengatakan, akan membuka kembali impor daging sapi dari Brasil untuk mendorong penurunan harga daging sapi di Tanah Air.

"Kita akan memperluas pasokan dan bisa dari mana saja yang penting aman dan halal. Asalnya selain dari Australia dan Selandia Baru juga dari Brasil," kata Mentan di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

Dikatakan Mentan, penambahan pasokan daging sapi dari Brasil ini akan dilakukan secepatnya tergantung pada keinginan pengusaha untuk mengimpornya. "Kita akan notifikasi dulu peraturannya, persiapan jalan terus," kata Mentan.

Selain menambah pasokan, Mentan menyarankan agar dilakukan pemilahan bagian-bagian daging yang akan dijual. sehingga ada perbedaan harga untuk daging yang khusus dan umum.

"Tidak seperti sekarang semuanya sama rata, padahal daging ada kelasnya, seperti daging lamosir untuk kelas menengah dan daging biasa untuk masyarakat biasa," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan menurunkan harga daging sapi terkait telah turunnya harga BBM. "Struktur harga daging harus diperbaiki sehingga harganya bisa lebih murah lagi," kata Presiden. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009