Kami bersyukur bisa kembali meraih kemenangan di kandang sendiri, karena lawan memberikan perlawanan yang cukup sengit sejak babak pertama. Bahkan, mereka sempat mencuri gol lebih dulu,"
Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya memperpanjang rekor tidak terkalahkan sepanjang kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia musim 2013, setelah membekuk PS Bangka dengan skor 2-1 pada babak 12 besar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin.

Tuan rumah Persebaya sempat tertinggal lebih dulu pada menit ke-16 melalui gol Nanang Asripin yang meneruskan umpan Mustaqim Ohorella. Namun, empat menit berselang Srdjan Lopicic menyamakan skor 1-1 setelah tendangannya mengarah ke sudut kiri gawang PS Bangka.

Persebaya memastikan kemenangan tipis 2-1 setelah tendangan penalti Jean Paul Boumsong pada menit ke-53 tidak mampu dibendung penjaga gawang PS Bangka Imam Arif Fadillah.

Penalti diberikan wasit Jusman kepada kubu Persebaya, menyusul pelanggaran yang dilakukan kapten tim PS Bangka Adolfo Marshal terhadap Basuki saat melakukan penetrasi ke jantung pertahanan.

Kemenangan ini merupakan yang ke-12 diraih Persebaya DU sepanjang musim ini, dari 17 laga yang sudah dijalani dan lima laga lainnya berakhir imbang. Dua kemenangan dan sekali hasil seri diperoleh Persebaya di babak 12 besar Grup B.

"Kami bersyukur bisa kembali meraih kemenangan di kandang sendiri, karena lawan memberikan perlawanan yang cukup sengit sejak babak pertama. Bahkan, mereka sempat mencuri gol lebih dulu," kata Pelatih Persebaya DU, Tony Ho, usai pertandingan.

PS Bangka tampil agresif dengan mengandalkan permainan cepat sehingga lini pertahanan Persebaya harus bekerja keras menghalau serangan. Nanang Asripin berhasil mencetak gol cepat setelah melakukan kerja sama dengan Mustaqim Ohorella.

Akan tetapi, Persebaya segera bangkit dan hanya perlu waktu empat menit untuk menyeimbangkan skor. Tendangan Srdjan Lopicic dari jarak dekat mengecoh kiper Imam Arif Fadilah.

Tim "Bajul Ijo" (julukan Persebaya) terus mengontrol permainan dan beberapa kali melakukan tekanan, tetapi usaha Uston Nawawi dan kawan-kawan belum membuahkan gol tambahan hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Basuki hampir membawa Persebaya memimpin, namun tendangan kerasnya bisa ditepis kiper PS Bangka. Ia kembali melakukan penetrasi membahayakan ke pertahanan lawan dan memaksa Adolfo Marshal untuk menghentikannya hingga berbuah hukuman penalti.

Penyerang asal Kamerun Jean Paul Boumsong mengambil eksekusi penalti dan berhasil menyarangkan bola ke gawang Iman Arif Fadilah untuk membawa Persebaya unggul 2-1.

Tertinggal satu gol, tim tamu berusaha mengejar ketinggalan dengan mengandalkan serangan balik cepat, tetapi sejumlah usaha yang dibangun tidak menemui sasaran hingga laga usai. 

(D010/I007)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013