...suatu kehormatan bisa bergabung dengan Chelsea...."
London (ANTARA News) - Kiper Australia Mark Schwarzer bergabung dengan klub raksasa Liga Primer Inggris Chelsea dengan kontrak satu tahun.

Pesepakbola berusia 40 tahun tersebut berstatus bebas transfer setelah meninggalkan Fulham pada akhir musim lalu. Ia membela Fulham selama lima tahun, lapor AFP.

"Chelsea adalah klub fenomenal. Ini salah satu klub terbesar dan terbaik di dunia, dan suatu kehormatan bisa bergabung dengan Chelsea. Sebelumnya aku tidak terlalu yakin bisa datang ke sini," kata Schwarzer dalam laman resmi chelseafc.com.

Schwarzer pindah ke Inggris pada tahun 1996 untuk bergabung dengan Bradford. Saat bergabung dengan Middlesbrough ia telah tampil sebanyak 367 kali selama 11 tahun. Ia memenangkan Piala Liga tahun 2003 dan membawa `Boro` di final Piala UEFA 2006 melawan Sevilla.

Selama membela Fulham ia menjadi pemain asing pertama yang tampil 500 kali di pertandingan Liga Premier dan mencapai final Piala Eropa lagi pada 2010 sebelum akhirnya dikalahkan Atletico Madrid.

Kontrak Schwarzer dengan `The Blues` berjalan sampai dengan Piala Dunia Brazil 2014, dimana penjaga gawang veteran itu berharap untuk menambah penampilannya bersama timnas Australia di turnamen tersebut.

Juara Liga Eropa tersebut mencari pelapis kiper utama Petr Cech menyusul kepergian Ross Turnbull dan Hilario pada akhir musim lalu dan klub rival Liga Premier Norwich pekan ini dikabarkan menolak dua penawaran formal untuk stopper Inggris John Ruddy.

Schwarzer mengungkapkan bahwa bos berjuluk The Blues, Maurinho, telah membantu membujuknya untuk bergabung di salah satu klub terbaik di Inggris.

"Saya sudah bicara dengan manajer di Chelsea dan sangat mudah untuk membuat keputusan bahwa Chelsea adalah klub yang tepat bagi saya," kata dia.

"Bobot, ambisi dan peluang di klub begitu terbuka. Ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk bergabung dengan klub yang fantastis," kata dia.

"Chelsea adalah salah satu klub terbaik di negeri ini, jika tidak salah ia juga salah satu klub terbaik di dunia, jadi itu sangat mudah untuk mengambil keputusan setelah berbicara kepada manajer," ujarnya. 

Penerjemah: Aziz Kurmala

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013