Tim pemenangan "Derma" pelajari keputusan MK

Tim pemenangan "Derma" pelajari keputusan MK

ilustrasi Keempat pasang calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur dari ki-ka sesuai nomer urut : Eddy Santana-Annisa Djuita, Iskandar Hasan Hafisz Thohir, Herman Deru-Maphilinda, dan Alex Noerdin -Ishak Mekky pada debat cagub cawagub sumsel di Hotel Aryaduta Palembang, Minggu (2/6). (ANTARA FOTO/ FENY SELLY) ()

Kami sudah mendengar tentang keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai pemungutan suara ulang itu,"
Palembang (ANTARA News) - Tim pemenangan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru-Hj Maphilinda Boer (Derma) akan mempelajari keputusan Mahkamah Konstitusi terkait dengan pelaksanaan pemungutan suara ulang.

"Kami sudah mendengar tentang keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai pemungutan suara ulang itu," kata Ketua Tim Pemenangan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru-Hj Maphilinda Boer, Elianuddin HB ketika dihubungi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, mereka akan mempelajari dulu keputusan MK tentang pemungutan suara ulang tersebut, sehingga pihaknya juga mempersiapkan tim.

Ia mengatakan, kalau memang pemungutan suara ulang itu dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kota Palembang tentu akan menguntungkan pasangan H Herman Deru-Hj Maphilinda Boer.

Mahkamah Konstitusi memerintahkan kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di seluruh TPS di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

MK telah menerima sebagian permohonan yang diajukan oleh pasangan gubernur dan wakil gubernur H Herman Deru-Hj Maphilinda Boer.

"Kemudian mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian", kata Ketua Majelis Hakim Akil Mochtar saat membacakan amar putusan di Jakarta.

Selain itu, MK juga membatalkan Keputusan KPU Provinsi Sumatera Selatan tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2013 pada 13 Juni 2013.

Kemudian memerintahkan Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan, dan Badan Pengawas Pemilihan Umum, untuk mengawasi pelaksanaan pemungutan suara ulang tersebut sesuai dengan kewenangannya.

Sementara itu, calon gubernur Sumsel nomor urut tiga Herman Deru menyatakan bersyukur bahwa MK mengabulkan gugatannya, sehingga diharapkan menjadi pelajaran politik semua pihak,.

Seusai membuka pasar bedug di pelataran Kota Martapura, Sumsel, Kamis sore, Herman Deru menyatakan optimis akan memenangkan pilkada jika dilakukan dengan fair. Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan berpartisipasi dan mengawasi seluruh proses pilkada, sehingga pilkada berlangsung fair dan jujur.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dan terus memantau pelaksanaan pilkada nanti. Insya Allah, kami optimis bisa menang," ujar Herman.


(KR-SUS/E005)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar