...masing-masing mahasiswa akan menerima beasiswa Rp37.500.000..."
Samarinda (ANTARA News) - Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) melalui instansi terkait pada tahun anggaran 2013 segera mendistribusikan dana sebesar Rp3,75 miliar untuk beasiswa Strata Satu (S1) khusus jurusan sains dan teknologi.

"Jumlah penerima beasiswa di program ini sebanyak 100 orang, mereka kuliah di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan, masing-masing mahasiswa akan menerima beasiswa Rp37.500.000 sehingga total Rp3,75 miliar," ujar Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang Kaltim, Bohari Yusuf, di Samarinda, Jumat.

Bohari yang juga Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan dan Kebudayaan ini melanjutkan, mereka yang diterima di ITK Balikpapan itu segera menjalani kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya karena kampus ITK Balikpapan masih dalam tahap pembangunan.

Apabila kampus ITK Balikpapan yang berada di kawasan Karingau itu tuntas, maka para mahasiswa dari Kaltim itu segera pindah ke ITK, tetapi masih dalam pembinaan ITS Surabaya sampai benar-benar bisa mandiri.

Mahasiswa ITK Balikpapan yang menjalani perkuliahan di ITS itu, pada 2013 ini merupakan tahun kedua bagi warga Kaltim, yakni sejak angkatan pertama dimulai 2012 dan hingga kini masih menjalani perkuliahan dengan baik di Surabaya.

Pada 2013, 100 mahasiswa ITK yang kuliah di ITS itu mengambil lima jurusan, yakni Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Teknik Perkapalan. Masing-masing jurusan terdapat 20 mahasiswa asal Kaltim.

Menurutnya, Pemprov Kaltim memiliki komitmen tinggi terhadap peningkatan sumberdaya manusia (SDM) melalui pendidikan formal.

Salah satu komitmen itu adalah dengan memberikan beasiswa kepada puluhan ribu penerima setiap tahun. Pada 2013 saja, lebih dari 30.000 pelajar dan mahasiswa yang mendapat beasiswa, sedangkan dana yang dianggarakan khusus pada 2013 total mencapai Rp149 miliar. 

Pewarta: M Ghofar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013