Jakarta (ANTARA News) - Cory Monteith membawa pesona kekanak-kanakan pada karakter Finn Hudson dalam serial drama musikal  Glee.  Finn Hudson adalah sosok idola Amerika yang membangkitkan kembali New Directions di SMA McKinley. 

Monteith yang meninggal dunia Sabtu waktu AS lalu pada usia 31 tahun adalah pentolan dari banyak lagu-lagu terbaik yang dinyanyikan dalam serial itu. 

Selama empat musim membintangi serial musikal besutan stasiun televisi Fox itu, Monteith menyanyikan lagu-lagu tema dari penyanyi-penyanyi terkenal seperti band rock Journey, Michael Jackson, Queen dan banyak lagi.

Berikut 13 lagu terbaik pilihan The Hollywood Reporter yang ikut dinyanyikan Monteith.

1. Don't Stop Believin' (Journey, Season 1):  Inilah yang mengantarkan serial ini mendunia dan membawa Monteith dan para bintang serial musikal itu mencipta sensasi dunia. Monteith adalah tulang punggung New Directions, dan karakternya sebagai Finn Hudson mengantarkan kelompok paduan suaranya, New Directions, menjadi jawara.

2. Can't Fight This Feeling (REO Speedwagon, Season 1)
Romansa menyelimuti Finn dan Rachel (Lea Michele). Keinginan Finn bergabung dengan New Directions ditekan teman-teman sekelasnya dan saat bersamaan jatuh hati pada Rachel selagi berlatih. Tatkala Mr Schue (dibintangi Matthew Morrison) mendengar Finn menyanyi, dia merekrutnya menjadi jangkar dari kebangkitan New Directions.

3. Hello, I Love You (The Doors, Season 1)
Karakter Sue (Jane Lynch) muncul di tengah hubungan Finn dan Rachel. Pentolan The Doors, Jim Morrison, meninggal dunia pada usia 28 tahun.  

4. Faithfully (Journey, Season 1)
New Directions beralih pada cinta bersemi antara Finn dan Rachel pada ujung musim satu Glee, diantarkan lagu "Journey to Regionals."

5. Losing My Religion (R.E.M., Season 2)
Pada episode "Grilled Cheesus", Finn merenung setelah ayah tirinya, Burt, mendapat serangan jantung, dan New Directions kini mengandalkan saudara tirinya, Kurt (Chris Colfer). Inilah episode yang paling kontroversial.

6. Just the Way You Are (Bruno Mars, Season 2)
Dalam episode "Furt", Finn disindir karena tidak membela Kurt saat dikerjai seorang anggota tim sepakbola sekolah itu. Dia menggunakan lagu ini untuk meminta maaf kepada Kurt.

7. Man in the Mirror (Michael Jackson, Season 3)
Monteith dan anggota baru New Directions; Puck (Mark Salling), Blaine (Darren Criss), Mike (Harry Shum Jr.) dan Sam (Chord Overstreet) membentuk klub yang intinya para pria setelah Finn berdamai dengan bintang baru saingannya Blaine.

8. We Are the Champions (Queen, Season 3)
Finn memimpin klubnya berterimakasih kepada Mr Schue atas upaya-upayanya selama ini, dengan menyanyikan lagu klasik dari Queen itu.

9. Glory Days (Bruce Springsteen, Season 3)
Pada episode terakhir musim tiga ini, Finn meminta orang-orang membantu sahabatnya, Puck, lulus ujian. Mengenakan topi, Finn menabuh drum dan menyanyikan lagu Bruce Springsteen ini ketika kepala sekolah McKinley membacakakan nama-nama sahabatnya di New Directions.

10. Don't Speak (Duncan Sheik, Season 4)
Finn dan Blaine pergi ke New York untuk mengunjungi mitra-mitranya. Yang mereka temukan di sini betapa jauhnya perbedaan Ohio dengan New York. Mereka berpisah dan berbagi lagu yang mempesona para pengemar serial ini di seluruh dunia.

11. The Scientist (Coldplay, Season 4)
Kembali ke Ohio, Finn berkumpul kembali dengan teman-temanya di SMA McKinley; Santana (Naya Rivera), Kurt, Blaine, Brittany (Heather Morris) dan Emma (Jayma Mays).

12. Don't Dream It's Over (Crowded House, Season 4)
Karena Mr. Schue lagi berada di Washington, Finn mengambilalih memimpin New Directions. Klub ini tersisih di babak kualifikasi saat bintang baru Marley (Melissa Benoist) bergabung. Finn terharu pada anggota klub seperti Tina (Jenna Ushkowitz), Blaine, Sam dan Brittany yang ingin bangkit dari kekalahan. 

13. (You Gotta) Fight for Your Right (To Party!) (Beastie Boys, Season 4)
Inilah lagu terakhir yang dipimpin Cory Monteith dalam serial yang dibuat Fox ini.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013