Selain itu makanan Jordania rempahnya tidak terlalu banyak dan strong seperti makanan Timur Tengah lain. Lidah kita bisa cocok karena terasa lebih light."
Jakarta (ANTARA News) - Hidangan ala Timur Tengah menjadi salah satu pilihan sebagai santapan di bulan Ramadhan, termasuk kuliner Jordania. Makanan dari negara yang berbatasan dengan Arab Saudi itu memakai beragam bumbu khas Mediterania seperti buah zaitun, rempah-rempah, bawang putih lada, bawang bombay, tomat dan lemon. 

Hidangan Jordania disebut Suyitno, Executive Sous Chef JW Marriott Jakarta, sebagai makanan yang sehat dilihat dari cara memasaknya.

"Masaknya sebagian besar memakai olive oil. Minyak juga bukan yang dipakai seperti memasak french fries," ujarnya semalam di restoran Sailendra, JW Marriott Jakarta.

Dia menjelaskan, makanan Jordania yang dibuatnya dimasak dengan beragam cara, mulai dari dibakar, ditumis hingga dipanggang.

"Selain itu makanan Jordania rempahnya tidak terlalu banyak dan strong seperti makanan Timur Tengah lain. Lidah kita bisa cocok karena terasa lebih light," lanjut koki yang pernah beberapa tahun mengasah kemampuannya di Timur Tengah.

Beberapa kuliner Jordania yang dihidangkannya termasuk Jordanian Mezze platter (terdiri atas Koubba Maqliya, Baba Ghanoush ,Tabbouleh , acar dan zaitun), bamya (daging kambing dimasak dengan sayur okra khas timur tengah), Kofta B’tahini (bakso daging dengan saus krim dari wijen), Kishkeh (Bulgur dan Yoghurt), Makdus (acar terung yang diberi saus dari minyak zaitun), Makloubeh (ayam panggang utuh yang diisi dengan nasi, kacang dan kismis), Warag Aynab (daun anggur yang diisi dengan rampah-rempah, potongan sayur, daging dan nasi), Mohammara (kacang walnut pedas dengan lada merah), Sanklish (salad dari keju fetta  dicampur dengan oregano dan minyak zaitun), Sawani (daging domba dimasak bersamaan dalam kastrol dengan campuran cayenne, jamur dan kentang), Ara’yes (daging cincang yang diberi bumbu kemudian dipanggang bersama roti), Ablama (zukini yang diisi dengan nasi, tomat, dan kuah yoghurt), Suniyat Dijaj  (ayam yang dimasak bersama kentang, tomat, bawang dan berbagai rempah-rempah seperti kayu manis, pala, lada, dan kapulaga), dan Stuffed Baby Lamb (daging kambing panggang yang dicampur dengan nasi, potongan bawang serta kacang-kacangan dan kismis). (*)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013