Bandara Pusako Anak Nagari ditargetkan beroperasi 2014

Kalau sudah rampung bandara ini akan dikelola oleh badan usaha milik daerah. Kita menargetkan selesai sebelum pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar di Pasaman Barat pada September,"
Simpang Ampek (ANTARA News) - Pembangunan Bandara Pusako Anak Nagari di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terus dipacu dengan target tahun depan sudah bisa beroperasi.

Keseriusan itu terlihat ketika Otoritas bandara wilayah VI, Kementerian Perhubungan RI mengunjungi bandara untuk melihat sejauhmana perkembangan pembangunan bandara pusako anak nagari yang masih berlanjut.

"Kunjungan pihak kementrian beberapa hari lalu membuat kita semakin yakin bandara ini akan dapat segera beroperasi," kata Sekretaris daerah, Yasri Uripsyah di Simpang Ampek, Kamis.

Ia mengatakan sesuai harapan masyarakat Pasaman Barat pembangunan bandara itu berjalan lancar. Sehingga impian warga memiliki bandara sendiri bisa terwujud secepatnya untuk meningkatkan perekonomian warga.

"Dengan kehadiran dari pihak kementerian dapat mmeotivasi untuk percepatan pembangunan bandara. Kita optimis pembangunan bandara ini akan segera tuntas,"katanya.

Menurutnya bandara itu akan dilakukan pengembangan lebar run way dari 800 x 10 meter menjadi 800 x 23 meter, meski tetape akan disesuaikan dengan pelaksanaan anggaran pusat.

"Kalau sudah rampung bandara ini akan dikelola oleh badan usaha milik daerah. Kita menargetkan selesai sebelum pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar di Pasaman Barat pada September," katanya.

Otoritas bandara wilayah VI Kementerian Perhubungan RI, M. Nasir Usman mengatakan dukungan kementerian terhadap pembangunan bandara akan terus dilakukan. Upaya percepatan pembangunan terus dipacu sehingga tahun ini pembangunan selesai dan ditargetkan tahun depan sudah beroperasi.

Ia mengatakan pemeriksaan terakhir yang dilakukan adalah untuk menyelaraskan keberadaan realisasi pembangunan bandara darimana pun sumber dananya.

Pembangunan bandara tidak terlepas dari aspek teknis. Status tanah menjadi faktor penting. Kedatangan rombongan membawa titik terang untuk perpanjangan run way.

"Mudah-mudahan pembangunannya akan terus dipacu dan disesuaikan dengan anggaran pusat. Dalam waktu dekat akan ada pembangunan drainase di sekitar bandara," katanya.

(KR-MLN/S004)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar