Agar harganya stabil juga karena stock-nya ada"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, naiknya harga kebutuhan pokok jelang Ramadhan di antaranya karena distribusi barang-barang di pasar yang kurang baik, dan di Jakarta itu seharusnya menjadi tugas PD Pasar Jaya

Menurut Jokowi, distribusi barang di pasar-pasar Jakarta seharusnya bisa diatur oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PD Pasar Jaya.

"Seharusnya PD Pasar Jaya itu mengurus pasar, jangan malah urus properti. Yang urus properti itu JakPro," kata Jokowi di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan akan segera mengubah pola kerja PD Pasar Jaya yang seharusnya bertugas mengelola pasar serta ketersediaan komoditas di pasar Jakarta.

"Agar harganya stabil juga karena stock-nya ada," katanya.

Dia menyebutkan bahwa pengaturan tugas, pokok, serta fungsi PD Pasar Jaya juga bisa menjadi cara jitu mengendalikan harga dibandingkan harus mengadakan Operasi Pasar yang hanya sesekali dan tidak berkelanjutan.

"Saya akui, operasi pasar itu memang tidak efektif. Harus dikejar distribustornya. Itu tugas pemerintah pusat. Kalau di Jakarta ya berdayakan PD Pasar Jaya," katanya.

Untuk menindaklanjuti rencananya tersebut, Jokowi akan segera memanggil pihak PD Pasar Jaya.

(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013