Los Angeles (ANTARA News) - Thriller "American Horror Story: Asylum" mendapatkan nominasi terbanyak penghargaan terbaik acara televisi AS Emmy Awards, namun yang menciptakan sejarah justru layanan streaming internet Netflix yang sukses mendorong pemrograman orisinil.

Netflix mendapat 14 nominasi untuk drama politik "House of Cards," komedia "Arrested Development" dan thriller "Hemlock Grove."

Ini kali pertama tayangan-tayangan yang secara khusus diproduksi televisi sukses mendapatkan nominasi Emmy pada kategori-kategori utam.

"House of Cards" akan berlomba menjadi terbaik pada kategori drama terbaik, sedangkan bintang-bintangnya yaitu Kevin Spacey dan Robin Wright bersaing untuk menjadi aktor dan aktris terbaik.

"Jika Anda menengok sejarah panjang Emmy, dan para calon yang luar biasa kuat tahun ini, maka ini adalah soal kualitas. Kami merasa sangat terhormat ada di antara kelompok ini," kata Spacey, yang memerankan politisi Washington yang menghalalkan segala cara Francis Underwood, kepada Reuters.

Terobosan Netflix ini dianggap sebagai pembalikan televisi dan pertanda bergesernya penayangan acara hiburan ke internet. 

Pencapaian ini terjadi dua dekade setelah acara televisi kabel pertama di HBO, mendapatkan nominasi serial televisi terbaik dan menyeruduk dunia televisi penyiaran.

"Ini adalah peluang untuk mengisahkan cerita-cerita pada platform berbeda-beda dan ini adalah kabar baik untuk industri kita," kata Bruce Rosenblum, kepala eksekutif Academy of Television Arts and Sciences, yang menjadi penyelenggara  Emmy.

Ketua konten Netflix, Ted Sarandos, mengatakan nominasi ini adalah pengakuan bahwa televisi online sama dengan televisi kabel dan siaran.

"Hingga hari ini, garis batasnya selamanya abu-abu antara tv dan internet. Ini tentang apa yang ada di layar," kata dia.

Para pelanggan Netflix bisa mengunduh semua dari 13 episode "House of Cards" arahan David Fincher ini pada hari pertama.

Yang tak kalah menghebohkan adalah HBO dari Time Warner yang mendapat 108 nominasi yang merupakan terbanyak dalam sembilan tahun terakhir.

"American Horror Story: Asylum" yang tayang di FEX memperoleh 17 nominasi, termasuk untuk kategori miniseri terbaik dan aktris terbaik bagi Jessica Lange. "Game of Thrones" di HBO mendapat 16 nominasi termasuk drama terbaik.

Peraih terbanyak anugerah tahun lalu, thriller psikologis "Homeland" dari Showtime dinominasikan pada 11 kategori termasuk drama terbaik, aktor dan aktris terbaik masing-masing bagi Damian Lewis dan Clare Danes.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013