Jakarta (ANTARA News) - Ada yang berbeda dari Emmy Awards tahun ini, yaitu tak masuknya Empat Besar --ABC, CBS, Fox dan NBC - dalam daftar yang mendapat nominasi pada kategori drama terbaik.

"Itu tamparan besar," kata Tom O'Neil, pengamat acara televisi dari Goldderby.com seperti dikutip Reuters.

Pada kategori komedi, "30 Rock" dari NBC mendapat nominasi terbanyak dengan 13 nominasi termasuk kategori komedi terbaik. 

Tina Fey dan Alec Baldwin dinominasikan untuk aktor/aktris komedi terbaik, sementara pemenang tahun lalu "Modern Family" yang tayang di ABC memperoleh 12 nominasi, termasuk kategori serial komedi terbaik.

"Girls" di HBO yang juga menjadi calon serial komedia terbaik, mendapat lima nominasi, termasuk aktris terbaik atas nama Lena Dunham.

Film HBO "Behind the Candelabra" yang mengisahkan kehidupan pianis Liberace, menarik 15 nominasi, sedangkan Michael Douglas yang memerankan Liberace dan Matt Damon yang memerankan kekasihnya, bersaing pada kategori aktor utama miniseri atau film.

Drama besutan AMC "Mad Men" memperoleh 12 nominasi, termasuk serial drama terbaik. Jon Hamm mendapat nominasi aktor drama terbaik yang adalah nominasi kesepuluhnya, sedangkan Elisabeth Moss dinominasikan untuk kategori aktris drama terbaik drama.

Serial drama Inggris "Downton Abbey" yang tayang di PBS, juga diguyur nominasi dan akan menantang "Mad Men" pada kategori drama terbaik, aktor terbaik (Hugh Bonneville) dan aktris terbasik (Michelle Dockery).

Penantang besar lainnya di kategori serial drama terbaik adalah "Breaking Bad" dari AMC yang mengisahkan seorang guru kimia yang beralih menjadi pembuat obat dan diperankan Bryan Cranston. Serial ini mendapat 13 nominasi termasuk aktor drama terbaik untuk Cranston.

Emmy Award tahun ini akan diadakan 22 September dan disiarkan jaringan televisi CBS dengan pembawa acara aktor Neil Patrick Harris, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013