Kuta (ANTARA News) - Acara buka puasa bersama di Pantai Kuta yang digelar komunitas muslim Bali mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara di sela-sela menikmati panorama matahari tenggelam di objek wisata favorit Pulau Dewata itu, Minggu.

Wisatawan asing membaur dengan umat Islam yang hendak berbuka puasa. Mereka terlihat menikmati alunan musik religi yang dimainkan sekelompok anak muda sebelum berbuka puasa.

Acara buka bersama tersebut dihadiri KH Cholil As`ad, salah satu pengasuh PP Salafiah Syafi`iyah, Situbondo, Jawa Timur, dan Anak Agung Ngurah Agung dari Puri Gerenceng Pemecutan, Denpasar.

"Ini kegiatan rutin umat Islam di Bali sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," kata Ngurah Agung yang juga Ketua Persaudaraan Hindu Muslim Bali (PHMB) itu.

Ia menjelaskan bahwa sesuai kepercayaan umat Hindu, ritual yang digelar di pantai sangat tepat sebagai upaya membersihkan diri. "Begitu juga yang dilakukan umat muslim saat ini, sebelum melakukan sembahyang bisa membersihkan diri di Pantai Kuta," kata pria yang dikenal dekat dengan mendiang KH Abudrrahman Wahid alias Gus Dur itu.

Ngurah Agung yang memiliki kedekatan historis dengan umat Islam di Pulau Seribu Pura itu akan terus berupaya melakukan kegiatan untuk menyatukan keberagaman umat.

(KR-WRA/M038)

Pewarta: Wira Suryantala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013