counter

Pemkab Serang segera bangun TPST

Pemkab Serang segera bangun TPST

Ilustrasi petugas kebersihan (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Serang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Serang, Banten, akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di wilayah Serang Barat bekerja sama dengan perusahaan swasta dari Australia.

Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman di Serang, Minggu, mengatakan dengan adanya rencana pembangunan TPST wilayah di Serang Barat tepatnya di Desa Kaduronyok, Kecamatan Anyer, dengan luas yang tersedia saat ini 6.000 meter.

Sebelumnya Pemkab Serang berencana membangun TPST serupa di Bojong Menteng di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja, tetapi belum terealisir padahal sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

"Jadi jika membangun TPST Anyer itu Pemkab Serang tidak akan mengeluarkan anggaran banyak, karenanya bekerja sama dengan perusahaan dari Australia. Untuk lahannya yang sudah tersedia 6.000 meter itu kemungkinan akan ada penambahan lagi," kata Taufik lagi.

Menurut Taufik alasan pembangunan TPST Anyer tersebut secara bertahap dikarenakan hasil dari pembuangan sampah akan diolah kembali untuk dijadikan pupuk dan gas, sehingga akan mendapat keuntungan yang besar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Untuk saat ini rencana tersebut tengah dalam proses pengkajian oleh instansi terkait. Jika itu sudah terealisasi, kemungkinan akan dilanjutkan membangun kembali untuk TPST wilayah Serang Timur," kata Bupati.

Pewarta: Ridwan Ch/Arif
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar