Bagaimana kita bisa membahas membangun toilet yang baik dan higienis jika kata-kata seperti 'toilet' dan 'kotoran' saja dianggap tabu"
Jakarta (ANTARA News) - Pendiri World Toilet Organization Jack Sim mengimbau agar toilet tidak ditabukan sehingga dihindari untuk dibahas.

"Bagaimana kita bisa membahas membangun toilet yang baik dan higienis jika kata-kata seperti 'toilet' dan 'kotoran' saja dianggap tabu," kata Jack Sim yang juga dikenal sebagai Mr. Toilet di Jakarta, Senin.

Di setiap negara, kebanyakan toilet umum masih kotor, tidak higienis dan menjadi target vandalisme.

"Para penjaga toilet juga banyak yang tidak mendapat training dalam menjaga kebersihan toilet, mereka hanya menyemprot air dan menganggapnya bersih," kata Jack.

Oleh sebab itu, Jack berharap ke depan akan ada standar tersendiri dalam pengelolaan dan pembangunan toilet.

Nyatanya, 2,5 miliar penduduk dunia tidak memiliki akses pada toilet bersih. Angka itu adalah 40 persen dari total populasi penduduk dunia.

Guna menyosialisasikan kesadaran toilet bersih, khususnya di Indonesia, World Toilet Organization (WTO) bersama Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) akan menggelar World Toilet Summit 2013 di Sunan Hotel, Solo, Jawa Tengah pada 2-4 Oktober 2013.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013