Jakarta (ANTARA News) - Chef Billy Kalangi menuturkan pentingnya asupan sayur mayur untuk anak-anak yang tengah berlatih puasa Ramadhan.

Anak yang baru mulai berpuasa sebaiknya mendapatkan nutrisi seimbang, dari sayur (vitamin dan mineral) hingga protein (hewani atau nabati).

"Sayur untuk pagi (sahur) itu boleh. Bisa juga oseng sayur atau daging yang diiris tipis dengan bumbu teriyaki," kata koki berdarah Manado itu.

Bintang iklan penyedap rasa itu juga menekankan agar masakan untuk anak tidak terlalu gurih dan jika memungkinkan mengurangi penggunaan makanan siap olah yang bisa dibeli bebas di pasaran.

Ia juga memberi beberapa alternatif resep yang bisa disisipkan potongan sayuran di menu favorit anak.

"Misalnya anak-anak suka nugget, usahakan untuk membuat nugget sendiri di rumah. Mudah hanya mencampur dada ayam tanpa lemak, lalu campur dengan tahu dan potongan sayur, lalu olah sebagaimana mengolah nugget," katanya.

Selain itu, para ibu disarankan bisa membuat makanan yang menarik selera makan anak, misalnya dengan tampilan yang lucu.

"Sebaiknya untuk anak-anak, sayuran dihaluskan lalu campur dengan telur, tempatkan di cetakan kue mangkuk kecil yang lucu lalu disteam (kukus). Biasanya anak-anak akan suka dan tertarik," katanya.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013