... dari kedua radio komunitas itu adalah keterlibatan anak-anak begitu dominan dalam pengelolaan radio, termasuk sebagai penyiar... "
Jakarta (ANTARA News) – Dua radio komunitas dampingan Plan Indonesia (LSM pemerhati anak) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, atas dedikasinya menyuarakan hak-hak anak di wilayahnya.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan, Linda Gumelar, bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional 2013, di Jakarta, Selasa, demikian keterangan tertulis Plan.

Kedua radio komunitas yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Radio Komunitas Karangsambung di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, dan Radio Komunitas Forum Anak Sikka, di Kabupaten Sikka (Nusa Tenggara Timur). 

Melalui program-programnya, kedua radio komunitas tersebut membantu anak-anak desa pun berani bersuara, menyerukan hak mereka.

Hal menarik dari kedua radio komunitas itu adalah keterlibatan anak-anak begitu dominan dalam pengelolaan radio, termasuk sebagai penyiar. Hal ini merupakan sesuatu luar biasa, mengingat angka pendidikan di kedua wilayah itu relatif rendah.

Melalui program-program yang mereka buat, penyiar-penyiar cilik itu menyuarakan pentingnya perluasan akses sekolah, pencegahan kekerasan terhadap anak, termasuk pencegahan pernikahan usia dini. 

Tanpa disadari, anak-anak tersebut telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mencerdaskan masyarakat, demi kemajuan anak negeri.

Penghargaan dari kementerian itu diterima langsung Avita (16 tahun), yang mewakili pengelola Radio Komunitas Karangsambung, Kebumen, dan Andrianus Nong Lewar (16 tahun), dari Radio Komunitas FAS FM Sikka. 

Avita adalah siswi SMK Negeri 1 Karangsambung, Kebumen. Sedangkan Andrianus adalah siswa SMA Negeri 1 Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, Radio Komunitas Karangsambung juga mendapatkan penghargaan internasional dari Ulrich Wickert Foundation di Jerman. 

Penghargaan itu diberikan atas upaya tinggi warga bersama anak-anak di Kecamatan Karangsambung dalam mengembangkan media sebagai saluran untuk menyuarakan aspirasi anak-anak setempat.

Pewarta: Unggul T Ratomo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013