Kegiatan KKN dan KKN Tematik mahasiswa Unand telah selesai dan sebagian besar mahasiswa telah pulang ke kampungnya masing-masing,"
Padang (ANTARA News) - Universitas Andalas (Unand) Padang resmi menutup Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Unand tahun 2013 di Nagari Balimbiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat pada Minggu (20/7).

"Kegiatan KKN dan KKN Tematik mahasiswa Unand telah selesai dan sebagian besar mahasiswa telah pulang ke kampungnya masing-masing," kata Rektor Unand Werry Darta Taifur di Padang, Selasa.

Dia menjelaskan khusus untuk KKN Tematik yang bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat telah berhasil menyelesaikan beberapa program untuk masyarakat. Salah satunya dalam membina dan mendukung program "nagari model KKN" pada beberapa tempat di Sumbar.

Seperti halnya yang dilakukan di Nagari Balimbiang yakni melakukan pembinaan petani Kakao. Selain penyuluhan, katanya, mahasiswa juga turun langsung ke lapangan dan membantu secara teknis.

Dalam waktu lebih dari satu bulan masyarakat sekitar dapat merasakan manfaatnya dan menilai mahasiswa KKN Unand telah sukses membantu dalam budidaya Kakao.

Lebih lanjut kata Werry untuk KKN tahun ini juga terasa istimewa karena turut serta juga mahasiswa luar daerah dan mancanegara.

Sebagian besar mereka melakukan KKN di Nagari Balimbiang ini terutama peserta dari Universitas Hasanuddin Makassar.

"Itulah sebabnya nagari tersebut menjadi tempat acara penutupan KKN mahasiswa bersama Unand tahun ini," katanya.

Selain itu, ujarnya, pemilihan nagari Balimbiang menjadi tempat acara penutupan KKN yakni untuk menghormati Bupati Tanah Datar yang juga merupakan alumnus Fakultas Peternakan Unand.

Menurut dia, selama ini Bupati Tanah Datar telah memberikan sumbangsih dalam bentuk dukungan moril maupun materil selama kegiatan KKN berlangsung sehingga mahasiswa dapat merasakan keamanan dan kenyamanan saat melaksanakan beberapa program kegiatan KKN lalu.

Secara keseluruhan Werry menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara KKN Unand tahun ini, terutama kepada seluruh pimpinan daerah masing-masing di lokasi kegiatan KKN.

(KR-IWY/H-KWR)

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013