Cilegon (ANTARA News) - Menteri Perhubungan E E Mangindaan meresmikan pengoperasian dua rangkaian kereta api ekonomi AC jurusan Merak-Madiun di Stasiun Kereta Api Merak, Cilegon, Rabu.

Kereta Api Krakatau dengan tarif Rp180 ribu itu diberangkatkan dari Stasiun Merak sekitar pukul 08.45 WIB dan akan sampai di Stasiun Madiun, Jawa Timur, sekitar pukul 00.30 WIB setelah menempuh perjalanan 16 jam.

Mangindaan mengatakan, pengoperasian rangkaian kereta baru tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan jasa transportasi kereta api jarak jauh dan menambah pilihan angkutan selama masa mudik Lebaran.

"Dengan dioperasikannya KA Krakatau ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan jasa transportasi kereta Api bagi masyarakat dari Merak sampai Madiun, terutama dalam menghadapi Lebaran ini," katanya.

Dua KA Krakatau tersebut masing-masing terdiri atas 10 gerbong, delapan di antaranya berkapasitas 80 tempat duduk dan dua lainnya berkapasitas 64 tempat duduk khusus untuk orang berkebutuhan khusus dan lanjut usia.

KA Krakatau jurusan Merak-Madiun akan melalui stasiun Merak, Cilegon, Serang, Rangkasbitung, Pasar Senen, Bekasi, Purwokerto, Karanganyar, Kutoarjo, Wates, Lempuyangan, Solo Jebres, Walikukun, Paron Barat dan terakhir berhenti di Madiun.

"Kami berharap ini menjadi salah satu solusi pemenuhuan kebutuhan transportasi umum bagi masyarakat," kata Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, yang mendampingi Menteri Perhubungan meresmikan pengoperasian KA Krakatau.

Pewarta: Mulyana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013