beberapa jalur yang ditempatkan alat berat itu diantaranya adalah, Jalur Lintas Timur Jambi menuju Pekanbaru, Provinsi Riau, sepanjang jalur Kabupaten Merangin menuju Kabupaten Kerinci yang terkenal rawan longsor serta beberapa titik jalur lainnya...
Jambi (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jambi menyatakan telah menyebar beberapa alat berat diseluruh kabupaten/kota di daerah itu untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran tahun ini.

"Total akan ada beberapa titik di 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi. Namun yang diutamakan adalah jalur jalur mudik di jalan nasional maupun provinsi," ujar Asisten II Provinsi Jambi, Haviz Husaini usai rapat persiapan mudik Lebaran 2013 di Jambi, Selasa.

Menurut dia, persiapan alat berat itu difokuskan di beberapa titik jalur yang dinilai rawan longsor, maupun yang dalam kondisi rusak dan butuh perbaikan.

Ia menyebutkan beberapa jalur yang ditempatkan alat berat itu diantaranya adalah, Jalur Lintas Timur Jambi menuju Pekanbaru, Provinsi Riau, sepanjang jalur Kabupaten Merangin menuju Kabupaten Kerinci yang terkenal rawan longsor serta beberapa titik jalur lainnya, salah satunya menuju Jangkat, Kabupaten Merangin.

"Di titik-titik itu disiapkan alat berat, jadi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, alat berat bisa langsung diterjunkan," katanya.

Selain menempatkan alat berat di jalur-jalur rawan longsor maupun banjir, Pemprov Jambi bersama berbagai instansi terkait akan me`launching` angkutan Lebaran secara serentak di seluruh kabupaten/kota pada 1 Agustus 2013 mendatang.

Sementara itu berdasarkan pemantauan, ada beberapa pekerjaan di Jalur Lintas Timur Sumatera (Jalintim) Provinsi Jambi, yaitu peningkatan struktur jalan di ruasSimpang Tuan--Batas Kota Jambi yang sudah selesai dan siap dilalui pemudik.

Kemudian peningkatan struktur jalan di ruas Batas Kota Ma.Bulian--Batas Kabupaten Batanghari, sudah selesai dan siap untuk dilalui.

Selanjutnya, untuk Jalur Lintas Tengah Jambi ada perbaikan peningkatan struktur jalan di ruas Batas Kabupaten Batanghari--Ma. Tembesi yang sejauh ini masih dalam tahap pengaspalan awal. Namun jalur tersebut sudah fungsional untuk dilalui pemudik H-10.

Untuk pekerjaan di jalan Provinsi yaitu  peningkatan struktur di ruas Ma. Tebo--Sei Bengkal saat ini sudah siap 100 persen.

Pewarta: Bangun Santoso
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013