Kirkuk (ANTARA News) - Bom-bom yang ditargetkan pada para jamaah yang sedang berkumpul untuk sholat magrib di empat masjid Sunni di Irak menewaskan 12 orang Selasa, kata para pejabat.

Satu bom meledak di Masjid Omar bin Abdulaziz di Kota Kirkuk, Irak utara, sementara satu ledakan lainnya terjadi di dekat Masjid Al-Salihin yang berada tak jauh dari lokasi itu, menewaskan seluruhnya tujuh orang dan mencederai 31 orang lainnya.

Dua bom meledak dekat Masjid Ahmed al-Muhtar di daerah Dura selatan Baghdad, menewaskan setidaknya tiga orang dan mencederai sedikitnya sembilan orang,

Satu bom mobil meledak dekat Masjid Al-Imam Ali di Kut, tenggara Baghdad, menewaskan dua orang dan mencederai sembilan orang lainnya, demikian menurut laporan AFP.

Tempat-tempat sholat Sunni maupun Syiah diserang dalam bulan-bulan, meningkatkan kekhawatiran akan kembalinya konflik sektarian besar yang telah menewaskan puluhan ribu orang dalam tahun-tahun belakangan ini.

Dengan serangan-serangan terbaru itu, lebih dari 630 orang tewas dalam aksi kekerasan sejauh ini, menjadikan Juli sebagai bulan paling berdarah dalam satu tahun yang ditandai dengan peningkatan aksi kekerasan.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013