Jakarta (ANTARA News) - Seri berikutnya Grand Prix Formula One akan digelar di Budapest, Hungaria, Minggu (28/7/13) waktu setempat.

Berikut statistik untuk GP F1 Hungaria mengutip laporan Reuters, Rabu:

Panjang lap: 4,381 km, jarak tempuh balap 306,630 km (70 lap)
Waktu start: 1200 GMT (1400 waktu lokal)
Pole 2012: Lewis Hamilton (Inggris) McLaren
Juara 2012: Hamilton
Rekor lap tercepat: Michael Schumacher (Jerman) Ferrari 1 menit 19,071 detik (2004)

Tipe ban: medium (putih) dan soft (kuning)

Juara

Empat tim berbeda sejauh ini telah memenangi sembilan balapan tahun ini (Lotus, Red Bull, Ferrari, Mercedes)

Juara tiga kali Sebastian Vettel dari Red Bull satu-satunya pebalap yang menjuarai empat balapan 2013. Fernando Alonso dari Ferrari dan pebalap Mercedes Nico Rosberg masing-masing memenangi dua balapan, sedangkan Kimi Raikkonen dari Lotus menjuarai satu balapan.

Alonso menjuarai 32 kali dalam karirnya, Vettel 30, dan pebalap Mercedes Lewis Hamilton 21 kali, Raikkonen 20, serta Jenson Button dari McLaren 15 kali.

Ferrari telah memenangi 221 balapan sejak kejuaraan dimulai pada 1950, McLaren 182 kali, Williams 114, dan Red Bull 38 kali.

Pole

Mercedes telah merebut posisi pole enam kali dalam sembilan balapan. Vettel merebut pole dalam tiga balapan lainnya.

Vettel telah mengatongi 39 pole, menempatkannya pada posisi ketiga daftar perebut pole terbanyak setelah Michael Schumacher 68 kali dan Ayrton Senna 65 kali.

Hamilton hanya merebut 29 pole dan Alonso 22.

Pole Hamilton di Jerman bulan ini menempatkannya di posisi kedua dan mensejajarkan dirinya dengan pebalap Argentina juara lima kali Juan Manuel Fagio dalam daftar sepanjang sejarah.

Mercedes telah mengunci barisan depan dalam tiga kali kualifikasi tahun ini.

Alonso tidak pernah berada di baris depan dalam 19 balapan terakhir, dengan pole terakhir direbutnya di Jerman pada Juli 2012.

Dia tidak berada di pole dalam kualifikasi kering sejak 2010.

Poin

Caterham dan Marussia belum juga meraih poin setelah tiga sesi di Formula Satu.

Tidak satu pun dari lima tim pemula 2013 meraih poin sejauh ini.

Kimi Raikkonen sekarang telah menyelesaikan rekor 26 kali berturut-turut mencetak poin untuk Lotus, meskipun sistem penilaian telah berubah sejak Michael Schumacher meraih 24 kali berturut-turut.

Raikkonen gagal mencetak skor di China pada 2012. Dia satu-satunya pebalap yang selalu mencetak poin dalam setiap balapan pada tahun ini.

Mantan juara Williams belum mencetak poin dalam musim ini dan berada di posisi start 10--terburuk dari yang pernah diraih.

Hungaria

Vettel tidak pernah menang di Hungaria.

Balapan akhir pekan ini merupakan Grand Prix Hungaria ke-28. Hanya sirkuit Monaco dan Monza yang paling sering sebagai tempat balap grand prix.

McLaren telah memenangkan enam dari delapan balapan terakhir di Hungaroring, yang merupakan sirkuit permanen paling lambat dalam kalender saat ini.

Ferrari memenangkan hanya lima kali di Hungaria, dan mereka merebut posisi pole tujuh kali.

Meskipun sirkuit itu memiliki reputasi sebagai tempat sulit untuk menyalip, hanya dua kali dari delapan balapan terakhir, pebalap yang menjuarai lomba dari posisi pole--keduanya direbut Hamilton (2007 dan 2012).

Dalam perlombaan tahun lalu lebih sedikit manuver menyalip (19) dibanding Grand Prix Monaco (23).

Hamilton telah juara tiga kali di Hungaria, Button dua kali, sementara Michael Schumacher memenangkan rekor empat kali.

Button (2006) dan Alonso (2003) meraih kemenangan pertama mereka di Hongaria. Kemenangan Button 2006 dari posisi start 14 masih menjadi juara dengan posisi start terendah dalam balapan di Hungaria.

Hanya seorang pebalap Hungaria yang pernah berlaga di kejuaraan Formula Satu--Zsolt Baumgartner bersama tim Jordan dan Minardi pada 2003 dan 2004. Dia mencetak poin pada 2004.

Tonggak

Alonso akan berulang tahun ke-32 pada 29 Juli ini.

Hungaria akan menjadi balapan ke-100 bagi pebalap Force India asal Jerman, Adrian Sutil.

Perlombaan menandai tengah musim ini sebagai balapan ke-10 dari 19 putaran.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013