Jerusalem (ANTARA News) - Aktris peraih Oscar, Natalie Portman untuk pertama kali melangkah menjadi sutradara dalam film "A Tale of Love and Darkness" yang menceritakan kisah hidup novelis Amos Oz.

Bintang Amerika keturunan Israel yang meraih piala Oscar tahun 2011 untuk peran sebagai balerina dalam drama "Black Swan" itu juga akan merangkap bermain menjadi ibunda Oz, yang bunuh diri ketika Oz berusia 12 tahun.

"Dia (Portman) membaca kisah `A Tale of Love and Darkness` dan meminta izin untuk menyadur kisah itu dalam film, sekitar lima atau enam tahun yang lalu," kata Oz kepada Reuters melalui telepon.

"Saya setuju karena merupakan penghargaan tertinggi bagi karya saya. Ia seorang aktris hebat."

"A Tale of Love and Darkness" merupakan kilas balik masa kanak-kanak Oz di kota Jerusalem yang tercabik-cabik antara tahun 1940-1950 an, kematian ibunya dan perjalanannya melewati Kibbuts dan Israel, pergantian politik setelah lahirnya negara.

Oz mengatakan bahwa ia membantu menyiapkan naskah dan Portman kemungkinan akan pergi ke Israel pada September untuk persiapan dan mulai mengambil gambar pada Januari mendatang.

Juru bicara Portman belum bisa dihubungi untuk memberi komentar.

Natalie Portman (32) dilahirkan di Jerusalem dari ayah seorang warga Israel dengan ibu asal Amerika, tetapi ia dibesarkan di Amerika Serikat.

Peran pertamanya di layar lebar adalah dalam film laga "Leon: The Professional" tetapi peran yang mengangkat namanya adalah sebagai Ratu Padme Amidala dalam "Star Wars: Episode I - The Phantom Menace".

Selain karirnya di Hollywood, lulusan Harvard yang juga mahir berbahasa Yahudi itu juga terlibat dalam film Israel.


Penerjemah: Maria D Andriana

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013