Jakarta (ANTARA News) - Pada babak pertama, Indonesia All Star tertinggal 0-4 dari tamunya Chelsea FC pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis malam.

Gol-gol Chelsea diciptakan Eden Hazard pada menit 20, tendangan keras Ramires menit 28, gol striker asal Senegal, Demba Ba menit 31, dan John Terry menit 46.

Indonesia All Star yang menggunakan kostum Putih Putih Hitam terlihat cukup percaya diri di awal babak pertama. Anak asuh Rahmad Darmawan bahkan terus memberikan perlawanan terhadpa The Blues.

Jual beli serangan terus dilakukan meski tim tuan rumah belum mampu membuahkan hasil. Justru Chelsea yang mengancam terlebih dahulu lewat tendangan keras Eden Hazard pada menit sembilan dan disusul tendangan keras Demba Ba. Namun, belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-13, giliran Andik Vermansyah melakukan tekanan langsung ke pertahanan Chelsea yang dikawal John Terry. Serangan pemain Persebaya Surabaya ini nyaris membuahkan hasil jika pemain belakang lawan tidak sigap.

Meski ditekan tim tuan rumah, Chelsea tetap tenang dan berusaha melakukan serangan balik dengan cepat. Hasilnya Kurnia Meiga dibuat pontang-panting, termasuk saat menghalau sundulan Ramires pada menit 15, dan beberapa menit kemudian lewat tendangan Eden Hazard.

Petaka tuan rumah terjadi pada menit ke-19 setelah pemain belakang tim Indonesia melanggar John Terry di kotak penalti. Eden Hazard yang ditunjuk sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya dan membawa Chelsea unggul 1-0.

Tertinggal, anak asuh Rahmad Darmawan berusaha bangkit. Serangan terkoordinasi dengan baik terus dilakukan namun selalu gagal di barisan pertahanan The Blues, seperti dilakukan Andik Vermansyah dan Greg Nwokolo.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan lengah. Kondisi itu langsung dimanfaatkan Chelsea. Akhirnya Ramires mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 28. Tiga menit berselang giliran Demba Ba menciptakan gol dan membawa The Blues unggul 3-0.

Keunggulan tiga gol hingga menit 31 membuat ribuan suporter terus bersorak, bahkan suporter yang didominasi dengan warna biru itu terus bersorak saat pemain Chelsea menciptakan gol.

Tertinggal 0-3 pemain Indonesia All Star terlihat kurang percaya diri. Serangan mereka mudah dibaca lawan. Kondisi ini tidak disia-siakan anak asuh Jose Mourinho. Bahkan, pada menit 36 Eden Hazard nyaris membuat gol keempat hanya saja bolanya mampu dicuri Kurnia Meiga.

Mendekati akhir babak pertama, anak asuh Jose Mourinho meningkatkan tempo permainan sehingga Indonesia All Star pontang-panting.

Meski ditekan, Hamka Hamzah dan kawan-kawan berusaha bermain dengan tenang. Namun, pada akhir babak kedua John Terry mengejutkan Indonesia setelah mengonversi satu sundulan menjadi gol dan akhirnya babak pertama berakhir dengan 4-0 untuk Chelsea.


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013