... nilai total perdagangan antara Indonesia dan Jerman pada 2012 mencapai 7,26 miliar miliar dolar Amerika Serikat... "
Jakarta (ANTARA News) - Produk-produk unggulan Indonesia dipamerkan di Instore Promotion 2013, di Galeria Kaufhof, Köln, Jerman, pada 4-23 Juli 2013. Ini upaya meningkatkan citra positif Indonesia dan mengenalkan potensi ekonomi Indonesia kepada Jerman secara lebih lekat.

"Penyelenggaraan pameran ini memasuki tahun kedua program kemitraan KBRI di Berlin dengan Galeria Kaufhof guna mempromosikan produk makanan olahan dan nonpangan Indonesia," jelas Atase Perdagangan KBRI di Berlin, Nusa Eka.

Pada pameran yang bertema Indonesien zu Gast im Galeria Kaufhof, ditampilkan 100 jenis produk makanan olahan Indonesia yang produksinya dilakukan di Indonesia, maupun produk makanan olahan Indonesia yang diproduksi di Belanda dan di Jerman yang bahan bakunya diimpor dari Indonesia. 

Selain itu, terdapat juga produk-produk nonpangan, di antaranya tas, perhiasan, lukisan batik, kain batik, topeng, kerajinan perak, dan barang kerajinan lainnya.

Kurang afdol jika pameran produk unggulan ini tidak dilengkapi dengan panggung kesenian dan kebudayaan nasional. Ditampilkan setiap akhir pekan dan melibatkan pelaku usaha di bidang gastronomi Indonesia yaitu Warung Bayu dan Haus Java, serta seniman Indonesia yaitu Nyoman Sukayahadi dan Anggi Prayascita di Köln.

"Demonstrasi masak dan penampilan kesenian Indonesia ini turut mempromosikan keberadaan restoran Indonesia di Köln dan keanekaragaman budaya Indonesia sehingga menarik minat pengunjung Jerman untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang Indonesia dan berkunjung ke Indonesia", ujar Eka.

Pameran ini berlangsung atas kerja sama antara para pelaku UKM Indonesia dengan beberapa importir Jerman, yaitu Kreyenhop & Kluge GmbH & Co. KG, Raoul Rousso Gmb, dan perusahaan Barteroder Feinkost GmbH.

Penyelenggaraan Instore Promotion merupakan kelanjutan program kerja sama dengan Galeria Kaufhof yang sudah dimulai sejak 2012, dimana telah diselenggarakan Instore Promotion di Galeria Kaufhof Leipzig dan Berlin. 

Sedangkan pada 2013 Instore promotion diselenggarakan di tiga lokasi Galeria Kaufhof di Jerman yaitu Köln (4-23 Juli 2013), Frankfurt (19-31 Agustus 2013), dan Berlin (2-14 September 2013).

Galeria Kaufhof salah satu ritel terbesar di Jerman, bagian METRO Group, yang membawahkan beberapa jaringan ritel besar di Jerman, yaitu METRO cash and carry, Real, MediaMarkt, Saturn, dan Redcoon.

Ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Jerman dalam kurun waktu lima tahun terakhir bertumbuh 9,45 persen. Pada Januari-Maret 2013, ekspor produk makanan olahan Indonesia ke Jerman mencapai nilai 28 juta dolar Amerika Serikat, atau tumbuh sebesar 26,67 persen dibandingkan periode sama pada 2012. 

Produk makanan olahan utama Indonesia yang diekspor ke Jerman antara lain ikan tuna, buah nanas kalengan, santan kelapa, dan teh.

Hubungan dagang antara kedua negara juga mengalami peningkatan setiap tahunnya. Eka menjelaskan, nilai total perdagangan antara Indonesia dan Jerman pada 2012 mencapai 7,26 miliar miliar dolar Amerika Serikat, atau terjadi peningkatan sebesar 8,4 persen apabila dibandingkan 2011.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013