Purwokerto (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyediakan tempat istirahat sementara untuk awak angkutan di tiga terminal bus, yakni Purwokerto, Ajibarang, dan Wangon, selama masa Lebaran 2013.

"Selama ini, awak angkutan khususnya kru bus cenderung beristirahat di dalam kendaraan maupun bagasi kendaraannya. Ini sangat tidak layak karena tidak bisa menjadikan kondisi mereka prima," kata Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Banyumas Agus Sriyono di Purwokerto, Senin.

Oleh karena itu, pihaknya akan memfasilitasi tempat yang bisa digunakan untuk istirahat para awak angkutan.

Agus mengatakan, petugas juga akan memeriksa kendaraan secara terpadu dengan pemeriksaan kesehatan dan tes urine terhadap awak angkutan guna mengantisipasi kemungkinan adanya penyalahgunaan narkoba.

"Dalam pemeriksaan terpadu ini, kami akan melibatkan BNN dan tim dokter dari Polres Banyumas maupun Polda Jateng," katanya.

Selain tempat istirahat bagi awak kendaraan, juga disediakan tempat untuk penumpang guna melepas lelah.

Ia menuturkan di Terminal Bus Purwokerto juga akan disiapkan posko kesehatan yang dapat dimanfaatkan oleh para pemudik.

Pihaknya juga akan tetap berusaha menjaga Terminal Bus Purwokerto agar bebas dari pedagang asongan, pengamen, serta memastikan keamanan terminal.

"Ini semua demi memberi kenyamanan bagi para penumpang atau pemudik," katanya.


Pewarta: Sumarwoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013