Jakarta (ANTARA News) - Ditinggal pengasuh mudik saat Lebaran memang cukup merepotkan, tapi beruntung beberapa jasa penitipan anak atau "daycare" tetap buka saat Lebaran.

Meski demikian, jangan asal pilih jasa penitipan anak karena bisa jadi tempat tersebut merupakan daycare abal-abal.

"Saran saya pastikan dulu tempatnya seperti apa, jangan asal menitipkan anak karena beberapa orang tua yang akan memakai jasa kami sudah merasa cukup hanya dengan menelepon," kata pemilik Bintang Waktu Daycare Lili Ardas di Jakarta, Selasa.

Lili menekankan agar para orang tua menyempatkan diri untuk survey tempat penitipan anak.

"Lihat apakah environment-nya aman dan nyaman untuk anak kita, karena kalau cuma melalui telepon kita tidak akan tahu detilnya," kata Lili.

Sementara itu, Ochi Muchtar pemilik penitipan anak "Bintang Kecil Educares" di Jalan Cempaka Putih Timur XXV nomor 26 menyarankan agar para orang tua mempertimbangkan kualitas guru dan pengasuh di daycare yang akan digunakan.

"Sebaiknya dilihat apakah guru dan pengasuhnya berkualitas dan mendapat pembekalan yang cukup untuk menangani anak kita nantinya, kalau di Bintang Kecil Educares guru-gurunya secara bergiliran dikirim ke Cibubur untuk belajar tentang pendidikan anak dan seminggu sekali mendapat training langsung dari saya," kata Ochi.

Perbandingan jumlah guru dan pengasuh pada suatu daycare juga patut menjadi perhatian khusus.

"Khusus untuk daycare lebaran, sebaiknya cari tempat yang menyediakan satu pengasuh untuk satu anak karena berbeda dengan daycare reguler, daycare lebaran waktunya singkat dan anak-anak biasanya butuh waktu khusus untuk beradaptasi sehingga membutuhkan dampingan satu orang yang sama untuk membuat mereka nyaman," kata Lili.(*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013