Timika (ANTARA News) - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Sebua melakukan kunjungan kerja ke Enarotali, Kabupaten Paniai, tempat ditemukannya empat senjata saat terjadi kontak tembak.

Christian Sebua dan rombongan tiba di Timika dari Jakarta dengan penerbangan Garuda Indonesia, Kamis pagi.

Setelah beristirahat sejenak di sebuah hotel di Timika, Pangdam Cenderawasih bersama rombongan langsung berangkat ke Enarotali, Paniai, menggunakan helikopter Airfast dikawal helikopter milik Penerbangan Angkatan Darat.

Kunjungan kerja Pangdam Cenderawasih ke Enarotali terkait adanya temuan empat pucuk senjata laras pendek jenis FN saat kontak tembak antara TNI yang berpatroli dengan kelompok sipil bersenjata (KSB) di Kampung Madi, Paniai, pada Kamis (25/7).

Senjata-senjata tersebut setelah dicek merupakan buatan Filipina.

Sebelum kontak tembak terjadi antara TNI dengan KSB di Kampung Madi, Paniai, sekitar pukul 18.00 WIT, warga malaporkan melihat sejumlah orang menenteng senjata api.

Usai kontak tembak, anggota memeriksa lokasi yang diduga menjadi tempat persembunyian KSB dan menemukan empat pucuk senpi jenis FN bersama beberapa selongsong peluru jenis AK.

Pangdam Cenderawasih Christian Sebua direncanakan tiba kembali di Timika pada Kamis siang. Pada sore harinya, Pangdam akan menggelar acara tatap muka sekaligus acara buka puasa bersama para prajurit TNI se-Garnizun Timika.

Pada Jumat (2/8), Pangdam Cenderawasih direncanakan mengunjungi para prajurit TNI yang bertugas di Distrik Jila dan Jita. 

(E015/M026)

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013