Siaga Lebaran PMI 2013 merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pertolongan pertama..."
Yogyakarta (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan 18 Pos Komando (Posko) Siaga Lebaran 2013 mulai 1 hingga 15 Agustus 2013 yang melibatkan sebanyak 293 relawan dan 14 ambulans.

"Siaga Lebaran PMI 2013 merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pertolongan pertama dan pelayanan ambulans yang disiagakan di seluruh PMI se-DIY," kata Sekretaris PMI DIY, Kamaluddin Hasibuan, di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, relawan yang disiagakan sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan pertolongan pertama pada kecelakaan, sementara ambulans sesuai dengan durasi waktu yang bervariasi dari masing-masing PMI kabupaten/kota.

"Posko Siaga Lebaran PMI juga bekerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY dan kabupaten/kota, kepolisian, Dinas Perhubungan, pemadam kebaran, organisasi sosial dan lain-lain," katanya.

Selain relawan, kata dia dalam posko siaga yang dimulai H-7 hingga H+7 Lebaran tersebut juga melibatkan perawat dan dokter yang siaga bersama dengan Balai Pengobatan 24 Jam PMI DIY.

"Selain itu PMI DIY juga bekerja sama dengan ORARI (Organisasi Radio Amatir Indonesia) yang akan mendirikan Posko yang sama di markas PMI DIY, Gamping Yogyakarta," katanya.

Ia menyebutkan, 18 posko siaga PMI itu antara lain lima posko dari PMI Yogyakarta yakni Markas PMI Kota Yogyakarta, Terminal Giwangan, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan dan Kebun Binatang Gembira Loka.

"Kegiatan pelayanan akan beroperasi selama 24 jam, kecuali di Gembira Loka penjagaan hanya dilakukan pagi dan mulai beroperasi 4 sampai 16 Agustus 2013 yang melibatkan sekitar 45 relawan, tiga armada ambulans," katanya.

PMI Kabupaten Sleman melibatkan 125 relawan dengan lima armada ambulans di lima titik yakni di Markas PMI Sleman, Pos Tempel, Pos Pakem, Jombor dan Prambanan yang dimulai dari 5 sampai 14 Agustus 2013.

Adapun PMI Kabupaten Bantul akan membuka posko di tiga lokasi yakni Markas PMI Bantul, Pos Sedayu dan Perempatan Druwo yang melibatkan 54 relawan dengan tiga armada ambulans yang dimulai pada 3 sampai 13 Agustus 2013.

Sedangkan, PMI Kabupaten Kulon Progo menyiapkan 13 relawan dan dua ambulans di dua titik posko, yaitu Markas PMI Kulon Progo berjaga 24 jam dan di Terminal Wates siaga pada malam hari.

PMI Kabupaten Gunung Kidul akan menyiagakan tiga ambulans dengan 20 orang relawan di dua titik, yaitu Markas PMI dan di Rest Area Bunder yang dimulai pada 5 sampai dengan 7 Agustus 2013 selama 24 jam.

"Untuk ambulans keliling di lokasi tujuan wisata di Kabupaten Gunung Kidul akan disiagakan mulai 9 Agustus sampai dengan 15 Agustus 2013," katanya.

Ia mengemukakan, untuk memantau kesiapsiagaan Siaga Lebaran PMI 2013 direncanakan Ketua PMI DIY beserta pengurus akan melakukan monitoring ke posko-posko wilayah kabupaten/kota se-DIY pada 6 Agustus 2013.

"Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan kami membutuhkan jejaring yang luas, diantaranya dengan mengajak media untuk mendiseminasikan dan mewartakan kegiatan PMI," katanya menambahkan.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013