Bogor (ANTARA News - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu sempat berfoto dengan orangutan betina bernama Jenifer, di sela-sela kunjungannya ke Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua, Jumat.

Humas TSI Cisarua Yulius H Suprihardo di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjelaskan dalam kunjungan tersebut Menparekraf disambut dua direktur TSI, yakni Jansen Manansang dan Tony Sumampau serta staf.

Orangutan, satwa endemik Indonesia merupakan satu-satunya kera besar yang hidup di Asia, sedangkan tiga lainnya, yakni gorila, simpanse dan bonobo hidup di Afrika.

Ada dua orangutan di Indonesia, yakni orangutan Sumatra (Pongo abelii), dan Orangutan Kalimantan/Borneo (Pongo pygmaeus).

Badan dunia yang mendata status konservasi, yakni International Union for the Conservation of Nature (IUCN) menyebutkan orangutan Sumatera sekarang terdaftar sebagai terancam kritis punah, dan orangutan Kalimantan (Borneo) terdaftar sebagai terancam punah

Dalam kunjungan ke lembaga konservasi "ex-situ" (di luar habitat alami) di Cisarua itu, selain melihat orangutan, Menparekraf juga sempat menuliskan kesan dan pesan.

Kutipan dari pesan yang ditulis Menparekraf, ia memberi apresiasi kepada TSI atas upaya, karya dan inovasinya untuk dapat mencapai edukasi, riset dan rekreasi di tempat itu.

"Kami menghargai upaya konservasi `in-situ` (di dalam habitat asli) dan `ex-situ` yang dilakukan untuk menjaga satwa Indonesia yang demikian kayanya dan merupakan biodiversity yang kita banggakan," katanya.

Menparekraf juga menyebut TSI berstandar internasional dan dikelola secara profesional dan yang terpenting dilakukan dengan sepenuh hati.

"Saya masih ingat datang ke tempat ini 15 tahun yang lalu, dengan anak anak saya dan mendapat aspek edukasi dan rekreasi, yang sampai hari ini menjadi kenangan bagi keluarga kami," katanya.

Pada bagian akhir pesannya, Mari Pangestu menulis "Sukses terus dan semoga terus berkembangf dan mengembangkan wisata satwa dan alam, yang bukan saja mengesankan tetapi juga berkelanjutan".

Dalam kunjungan ke TSI yang juga salah satu objek wisata nasional itu Menparekraf disertai eberapa orang pejabat dari Kemenparekraf yang didampingi Kadisbudpar Kabupaten Bogor Rahmat Surjana.

(A035/M026)

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013