Kami sedang menggalang dana melalui sponsor,"
Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berusaha mencari sponsor untuk menutupi kekurangan anggaran pelaksanaan Islamic Solidarity Games di Palembang, pada 22 September - 1 Oktober 2013.

"Kami sedang menggalang dana melalui sponsor," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin ketika ditanya mengenai anggaran pelaksanaan ISG yang jumlah peserta naik dari 25 menjadi 38 negara, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dari APBN anggaran untuk pelaksanaan ISG itu katanya Rp80 miliar, sedangkan Sumsel sendiri Rp75 miliar.

Untuk itu akan dicari sponsor dalam melaksanakan ISG tersebut, katanya.

Sebelumnya Sekretaris Komisi V DPRD Sumatera Selatan RA Anita Noeringhati mengatakan kalau memang peserta ISG membengkak menjadi 38 negara, pemerintah pusat tentunya harus turut bertanggung jawab.

Ia menuturkan dengan 25 negara peserta anggaran untuk pelaksanaan ISG Rp160 miliar dan dari pusat hanya Rp80 miliar.

Jadi, kalau dibebankan di APBD perubahan Sumsel sangat berat, karena adanya pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel, walaupun sudah dianggarkan dua putaran, ujarnya.

Dengan jumlah peserta menjadi 38 negara tentunya beban bertambah berat dan di Badan Anggaran DPRD Sumsel sudah menganggarkan Rp75 miliar, sedangkan kebutuhan awal Rp80 miliar.

"Kalau memang menjadi 38 negara, tentunya pusat harus bertanggung jawab. Pemerintah pusat yang membuat perhelatan di rumah kita, tetapi kita justru menalangi," katanya.

Kalau dari APBN tidak memungkinkan menambah anggaran untuk ISG itu, maka diharapkan peran pusat untuk mencarikan donatur supaya kegiatan tersebut terlaksana dengan baik, tambahnya.

(KR-SUS/I007)

Pewarta: Susilawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013