Cianjur (ANTARA News) - Memasuki h-5 Lebaran banyak tempat peristirahatan berdiri di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur, Jabar.

Tempat-tempat tersebut didirikan berbagai elemen masyarakat, dinas terkait di Pemkab Cianjur dan partai politik serta perusahaan swasta dan BUMN.

Pos-pos itu berdiri di sejumlah lokasi strategis di jalur tersebut.

Salah satunya posko peristirahatan Demi Indonesia yang berdiri di jalur mudik menuju arah Cianjur selatan tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan yang didirikan salah satu Koran lokal di Cianjur.

Dimana di tempat tersebut, selain didirikan tenda peristirahatan untuk pemudik, pihak panitia menyediakan pelayanan kesehatan dan bahan bakar minyak (BBM) gratis setiap harinya.

Pimpinan Perusahaan Mohamad Iksan selaku penanggungjawab posko Demi Indonesia mengungkapkan, selain sebagai ajang promo pihaknya sengaja mendirikan posko peristirahatan untuk memberikan pelayanan bagi pemudik tujuan selatan Cianjur.

"Sebagai salah satu anak perusahaan, kami sengaja mendirikan posko di jalur mudik yang kami nilai selama ini minim mendapat pelayanan. Tujuannya untuk memberikan tempat istirahat dan membagikan BBm bagi pemudik," katanya.

Dia menuturkan posko tersebut akan berdiri hingga H+7 lebaran, selain menyediakan fasilitas pihaknya memberikan panduanbagi pemudik yang hendak pulang ke kampung halamanya masing-masing di Cianjur selatan.

Sementara itu, hal yang sama dilakukan Dinas Kesehatan Cianjur, dimana dinas tersebut mendirikan posko pelayanan kesehatan bagi pemudik yang di bangun berdampingan dengan Pos Pam yang berdiri di sepanjang jalur Puncak-Cianjur.

H Asep penanggungjawab Posko Kesehatan Dinkes Cianjur di Jalur Puncak tepatnya di tempat peristirahatan Segar Alam-Puncak, mengungkapkan, di posko tersebut, pihaknya memberikan pelayanan kesehatan dengan rujukan bagi pemudik yang membutuhkan.

"Dinas kami juga menyiagakan dokter umum di beberapa posko. Selain itu, Kepala Dinas telah mengintrupsikan masing-masing puskemas di jalur mudik untuk siaga 24 jam memberikan pelayan bagi pemudik," ucapnya.

Dia menuturkan, saat ini jumlah pemudik yang mampir ke posko tersebut, selain untuk beristirahat juga memeriksakan kesehatan seperti tensi darah dan cek kesehatan ringan lainnya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013