Jambi (ANTARA News) - Kepala Terminal Alam Barajo, Jambi, Alfian, mengatakan, hingga saat ini jumlah pemudik yang berangkat ke Pulau Jawa dari terminal itu sudah mencapai 18 ribu orang.

Menurut Alfian, Minggu (4/8), kondisi arus mudik jauh meningkat dari hari sebelumnya. "Jumlah pemudik yang bertolak dari Jambi saat ini sudah lebih dari 18 ribuan orang atau 70 persen. Tahun ini pemudik diperkirakan lebih  20 ribuan orang," kata Alfian.

Dia mengatakan aktivitas pemudik pada tahun ini diperkirakan sampai sehari sebelum Lebaran namun hanya daerah sekitar Provinsi Jambi seperti Palembang, Pekan Baru, Lampung dan sekitarnya.

Dari ribuan pemudik, 80 persen di antaranya adalah pemudik tujuan Pulau Jawa, selebihnya pemudik ke provinsi lain.

Dia memperkirakan, dibanding tahun lalu, pemudik menggunakan kendaraan umum meningkat 10 hingga 12 persen, terutama karena kenaikan harga BBM karena jika menggunakan kendaraan pribadi lebih memberatkan.

Hj Zulhasmi, kepala perwakilan PO Laju Prima jurusan Bandung-Jakarta, Lampung, Palembang mengatakan, saat ini kondisi pemudik sepertinya sudah mencapai puncaknya.

"Hari ini dan besok sudah penuh. Tapi kalau tanggal 6 dan tanggal 7 masih ada beberapa kursi lagi yang belum diisi," kata Zulhazmi.

Pewarta: Nurul Fahmy
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013