London (ANTARA News) - Film fiksi ilmiah "E.T the Extra-Terrestrial" karya Steven Spielberg tahun 1982 merupakan pilihan favorit film nostalgia masa kecil publik Inggris, yang juga memilih 1980-an sebagai dekade film favorit mereka.

"Mungkin ini dilupakan seiring waktu, tetapi film ini yang pasti telah berdampak pada pilihan film kami," demikian pernyataan dari cabang Inggris perusahaan elektronik Korea Samsung Electronics Co, yang melakukan survei pada 1.500 orang.

"E.T." melampaui pesaingnya "Bambi" dan "The Lion King" dari Walt Disney, film produksi Pixar "Toy Story" serta film petualangan "The Goonies" yang ditulis oleh Spielberg, demikian seperti dilansir Reuters.

Spielberg, yang menyutradarai film-film hits seperti "Saving Private Ryan" dan "Jurassic Park", juga terpilih menjadi sutradara favorit Inggris.

Sementara film drama tahun 1994 tentang penjara Amerika Serikat "The Shawshank Redemption", yang dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman, terpilih menjadi film yang paling ingin ditonton lagi dan lagi.

Dan "Terus terang sayang, aku tidak peduli", kalimat penutup dari Clark Gable dalam film hits Amerika Serikat pada 1939 "Gone with the Wind", dipilih sebagai petikan favorit masyarakat.

Kalimat itu mengalahkan petikan dari film thriller Amerika Serikat "Dirty Harry", film musikal tahun 1980an "Dirty Dancing" dan film laga " The Terminator ".

Lebih dari 70 persen dari mereka yang disurvei mengatakan bersantai dan pelarian adalah alasan utama mereka menonton film.

Lebih dari sepertiga dari responden menyebut sistem coba-coba sebagai metode mereka dalam memilih film yang akan ditonton.

Penerjemah: GNC Aryani

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013