Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan menyelenggarakan "open house" menerima para tamu pejabat tinggi dan masyarakat umum di Istana Presiden pada Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H sedangkan tokoh lain juga menerima tamu di kediaman dinas atau pribadinya.

Informasi yang dikumpulkan Antara di Jakarta, Rabu, menyebutkan, Presiden dijadwalkan menyelenggarakan "open house" dua kali setelah mengikuti Sholat Ied, pertama untuk para pejabat tinggi, dan kedua untuk masyarakat umum.

Seperti pada tahun-tahun lalu, Presiden Yudhoyono akan didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta keluarga saat menerima para tamu untuk berhalal bihalal.

Wakil Presiden Boediono setelah bersalam-salaman dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dia bersama istrinya, Herawati Boediono, menggelar "open house" di kediaman dinas resminya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan dua kali "open house", pertama pada hari pertama Lebaran 2013 di kediaman keluarganya di Jalan Haji Bau di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sedangkan pada hari kedua Lebaran akan berlangsung di kediaman pribadinya di Jalan Brawijaya Nomor 6 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Mantan Presiden BJ Habibie akan menggelar "open house" bagi para tamu dan masyarakat umum di kediaman Jalan Patra Kuningan XII, Kuningan, Jakarta Selatan, mulai pukul 17.00 WIB.

Sedangkan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memohon maaf tidak menyelenggarakan "open house" untuk menerima para tamu pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini karena masih dalam suasana berduka.

"Ibu Megawati nanti akan menyelenggarakan peringatan 100 hari wafatnya Bapak Taufiq Kiemas, pada 15 September mendatang," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo.

Kediaman Megawati terdapat di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, dan di bilangan Jalan Kebagusan IV, Jakarta Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Jokowi dikabarkan juga tidak menyelenggarakan "open house". Lebaran pertama di DKI Jakarta bagi mantan Wali Kota Surakarta itu akan diisi dengan kegiatan Sholat Id di Masjid Istiqlal bersama Presiden Yudhoyono, para pejabat tinggi, dan masyarakat. Setelah itu Jokowi akan berhalal bihalal di Balaikota bersama para pegawai dan masyarakat selepas Sholat Id, sebelum kemudian Jokowi akan berkeliling Jakarta menemui para warganya untuk bersalam-salaman.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie akan menggelar "open house" Lebaran 1 Syawal 1434 H mulai pukul 15.00-18.00 WIB di kediaman pribadi di Jalan Ki Mangunsarkoro 42, Menteng, Jakarta Pusat. Bakal calon presiden dari Partai Golkar itu akan didampingi keluarganya saat menerima tetamu.

Menko Kesra Agung Laksono akan menggelar "open house" di kediaman pribadi di Jalan Cipinang Cempedak II No. 23, Polonia, Cawang, Jakarta Timur, mulai pukul 13.00 WIB, sedangkan Menteri Kelautan dan Perikanan menggelar acara yang sama di kediaman dinasnya di Jalan Widya Chandra V/26, Perum Pejabat Tinggi Negara, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, mulai pukul 18.30 WIB.

Mantan Ketua DPR Akbar Tandjung juga tak ketinggalan akan menggelar "open house" bagi para tamunya di kediaman pribadi di Jalan Purnawarman Nomor 18, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, mulai pukul 19.00 WIB.

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013